Sukses

Jakarnaval 2015 Punya Kejutan untuk Anda, Simak di Sini!

Jakarnaval 2015 bercirikan Street Art Performance dengan tema Gempita Jakarta. Ribuan orang akan terlibat dalam pawai budaya.

Liputan6.com, Jakarta Merayakan Hari Ulang Tahun ke-488 DKI Jakarta yang jatuh pada 22 Juni, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar parade bernuansa budaya yang bertajuk Jakarnaval.

Jakarnaval 2015 digelar pada Minggu 7 Juni 2015 mulai pukul 12.00 hingga 19.00 WIB. 35 Komunitas hobi, seni dan budaya, 22 mobil hias dari berbagai SKPD, BUMD dan BUMN serta pihak swasta, puluhan artis dan band ternama ibukota, serta kelompok marching band dan atraksi dari komunitas paramotor Indonesia akan meramaikan acaran parade seni dan budaya terbesar di Jakarta.

Artis Ibukota juga dipastikan meramaikan panggung yang ada di pelataran Monas, antara lain Trio Macan, Sazkia Gothik, Rasmuhammad, Kerispati, D'Masive, dan masih banyak lagi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Purba Hutapea mengatakan, yang membedakan Jakarnaval dari tahun sebelumnya adalah gelaran pertunjukan seni jalanan yang melibatkan 488 orang --sesuai dengan usia Jakarta-- yang dikemas dalam satu cerita tentang Jakarta yang bersifat kontemporer.

"Mereka akan mempertunjukkan berbagai kegiatan seni yang berbau Jakarta. Jakarta yang majemuk dan beraneka ragam," kata Purba dalam acara jumpa pers Jakarnaval 2015 di Monas, Jakarta Pusat, Kamis 4 Juni 2015.

Purba menuturkan, dalam Jakarnaval tahun ini melibatkan kelompok masyarakat, profesi, berbagai komunitas hobi dan seni budaya yang ada di Jakarta, sesuai dengan tema yaitu "Gempita Jakarta". Semua kelompok lapisan masyarakat dapat mengekspresikan dirinya, keunikan, dan kreativitas yang dimiliki.

"Selain menjadi forum sosialisasi berbagai kelompok dan pembangunan yang ada di Jakarta, diharapkan dari ajang ini dapat meningkatkan jumlah wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Jakarta," jelas Purba.

Hiburan dan Rute Pawai Budaya

Pada Jakarnaval 2015, kegiatan hiburan dan panggung utama terletak di pelataran Monas dan dimulai sejak pukul 12.00 WIB. Tidak ketinggalan pameran produk dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan komunitas.

Arak-arakan mobil hias dan 488 street art performance, serta atraksi lainnya akan dimulai pada pukul 15.00 WIB. Pawai tersebut akan dilepas langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Rute Jakarnaval 2015 dimulai dari Plaza Timur Monas – Jalan Medan Merdeka Utara – Jalan Medan Merdeka Barat. Kelompok pawai mobil hias kemudian melanjutkan perjalanan menuju Jalan Thamrin dan berakhir di Bundaran HI.

Sedangkan untuk kelompok komunitas hobi dan seni budaya, dari Jalan Medan Merdeka Barat melanjutkan pawaki ke Jalan Medan Merdeka Selatan dan berakhir di Silang Barat Daya Monas.

"Seluruh arak-arakan yang berjalan akan memakan waktu sekitar 2 jam. Karena itu, pasti akan menghabiskan jalur jalan. Makanya, kami dari jauh-jauh hari sudah meminta Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI untuk melakukan pengalihan arus lalu lintas, karena pastinya ada penutupan jalan," kata Purba.

Untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengunjung yang ditargetkan 6.000-10.000 orang ini, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan aparat keamanan gabungan, yaitu TNI Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta.

Sebanyak 300 petugas gabungan dari Polri dan Dishubtrans DKI dikerahkan untuk mengamankan dan mengawal parade Jakarnaval 2015. "Kami akan mengerahkan 150 personel dibantu 150 anggota kepolisian. Jadi ada 300 orang," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Benjamin Bukit.

Jakarnaval memang lebih awal dari HUT DKI Jakarta yang jatuh pada 22 Juni. Hal ini dilakukan untuk menghormati bulan puasa yang akan berjalan pada 18 Juni 2015.

Selama pelaksanaan Jakarnaval 2015, Dishubtrans DKI Jakarta akan menutup jalan dan ada pengalihan arus lalu lintas. Penutupan jalan akan dimulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

Jadi, jika tak ingin ketinggalan acara Jakarnaval 2015, datang sebelum acara dimulai ya.

(Adv/GR)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini