Sukses

PDIP Pastikan Puan dan Tjahjo Bukan Anggota DPR Lagi

Lamanya pergantian posisi keduanya sempat menuai kritik dari sejumlah pihak. Keduanya juga sempat dituding menerima gaji ganda.

Liputan6.com, Jakarta - Politisi PDI Perjuangan Aria Bima memastikan, posisi Puan Maharani dan Tjahjo Kumolo sebagai anggota DPR RI sudah diganti oleh kader lain dari daerah pemilihannya masing-masing. Puan sendiri saat ini menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan ‎Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), sedang Tjahjo menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.

"Masa belum diganti? Mereka otomatislah (diganti), enggak mungkin enggak diganti," kata Aria Bima di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Pernyataan tersebut menanggapi posisi Puan dan Tjahjo sebagai anggota dewan yang harus digantikan kader PDIP lainnya, karena keduanya kini telah berada di lembaga eksekutif dengan menjadi menteri pada Kabinet Kerja Jokowi-JK.

Lamanya pergantian posisi keduanya sempat menuai kritik dari sejumlah pihak. Keduanya juga sempat dituding menerima gaji ganda, sebagai menteri dan anggota DPR.

Aria menuturkan, dirinya secara pribadi ikut menyeleksi kader PDIP yang akan menggantikan Puan dan Tjahjo di daerah pemilihan kedua politisi itu. Sehingga sepengetahuannya, keduanya memang sudah mendapatkan nama pengganti.

"Jadi setahu saya sudah (ada pengganti), karena saya ikut seleksi di daerah pemilihannya," jelas dia.

‎Namun, dia enggan membeberkan lebih jauh mengenai kader PDIP yang menggantikan posisi Puan dan Tjahjo tersebut. Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PDIP itu meminta wartawan menanyakan langsung kepada pimpinan Fraksi PDIP di DPR.

"Kalau nanya soal Mbak Puan, Pak Tjahjo jangan sama saya, coba sama fraksi," tandas Aria Bima. (Ado/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.