Sukses

Korsel Klaim Rudalnya Bisa Hantam Semua Target di Korut

Korsel sudah melakukan uji coba misil balistik yang mampu menghantam target apapun di Korut pada Rabu 3 Juni 2015.

Liputan6.com, Pyongyang - Korea Selatan (Korsel) mengaku telah melakukan uji coba misil balistik yang mampu menghantam target apapun di Korea Utara (Korut), dalam apa yang dipandang sebagai respons terhadap provokasi militer Pyongyang baru-baru ini.

"Presiden Park Geun-hye secara pribadi mengawasi peluncuran sukses itu pada hari Rabu 3 Juni, di lapangan tembak di bagian selatan negara itu," kata para pejabat pertahanan di Seoul seperti dikutip dari VOA News, Rabu (4/6/2015).

Menurut para pejabat, peluru kendali tersebut berjangkau 500 kilometer dan dapat menghantam sasaran di mana saja di Korut. Rencananya teknologi itu akan diterapkan pada akhir tahun.

Senjata itu dikembangkan oleh Seoul, menyusul kesepakatan tahun 2012 dengan AS, yang meningkatkan hampir tiga kali lipat jangkauan maksimum yang diizinkan bagi misil-misil balistik Korsel. Seoul memperluas program roket balistiknya, dalam rangka menanggapi ancaman program nuklir dan misil Korut.

Pihak Korut baru-baru ini juga mengemukakan telah melakukan uji coba misil balistik kapal selam dengan sukses, yang akan memperluas jangkauan misil balistik mereka.

Negara dengan ibukota Pyongyang itu juga mengungkapkan, bulan lalu mereka telah menyempurnakan teknologi yang dibutuhkan untuk memasang hulu ledak nuklir yang diperkecil pada misil balistik jarak jauh.

Sejumlah besar pakar dan analis militer mengutarakan klaim-klaim tadi mungkin berlebihan, tetapi tak mengesampingkan kenyataan bahwa Pyongyang telah membuat kemajuan di kedua bidang tersebut. (Tnt/Ein)

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini