Sukses

Bahasa Prokem Akan Dibahas dalam Kongres Bahasa Melayu

Menurut Ahmad, bahasa melayu tidak hanya digunakan di Indonesia, tetapi juga digunakan di berbagai negara, terutama Asia Tenggara.

Liputan6.com, Batam - Kongres Bahasa Melayu yang akan digelar pada 14-15 Juni 2015 di Batam akan juga membahas bahasa prokem atau bahasa gaul dan bagaimana berbahasa yang baik.

"Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu, karena perkembangan waktu dengan munculnya bahasa prokem, merusak tatanan bahasa Melayu," ucap Walikota Batam Ahmad Dahlan di Batam (2/6/2015).

Menurut Ahmad, bahasa Melayu tidak hanya digunakan di Indonesia, tetapi juga digunakan di berbagai negara, terutama Asia Tenggara. Namun bahasa Melayu terbesar digunakan di Tanah Air sebagai bahasa nasional.

Terkait bahasa prokem, Dahlan menjelaskan, merupakan tatanan bahasa yang berkembang dalam bahasa Indonesia yang tidak mengacu kaidah bahasa. Ini akibat akulturasi bahasa yang beragam dari kenanekaragaman bahasa daerah maupun asing.

"Dalam kongres nanti akan membahas bagaimana mengembalikan tatanan bahasa Melayu yang benar menurut kaidah," terang Dahlan.

Dahlan menambahkan, Kongres Bahasa Melayu nanti akan diikuti peserta dari berbagai negara, di antaranya Malaysia, Singapura, Thailand, Kamboja, Laos, dan Brunei Darussalam.

Kongres Bahasa Melayu akan dibuka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan. Dihadiri para ahli bahasa dari negara peserta. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini