Sukses

Jatuh dari Sepeda di Alpen, Menlu John Kerry Dipulangkan ke AS

Kerry awalnya dibawa dengan helikopter ke rumah sakit di Jenewa. Ia dijadwalkan akan segera diterbangkan ke Boston, Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jenewa - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat John Kerry menjalani perawatan di rumah sakit Swiss, setelah mengalami cedera kaki dalam kecelakaan bersepeda di pegunungan Alpen wilayah Prancis.

"Kerry berada dalam kondisi stabil di rumah sakit di dekat Jenewa, Swiss," kata  juru bicara pemerintah AS, John Kirby, seperti dikutip dari BBC, Senin (1/6/2015).

"Ia diperkirakan agar istirahat total usai mengalami retak pada tulang paha bagian kanan, dan dalam kondisi masih bersemangat," tambah dia.

Akibat kecelakaan tersebut, Kerry yang berada di Swiss untuk perundingan program nuklir Iran terpaksa membatalkan kunjungan ke Madrid dan Paris. Ia akan diterbangkan ke Boston, AS untuk perawatan lebih lanjut.

"Mengingat cedera yang dialaminya berada dekat dengan bekas operasi pinggul sebelumnya, Kerry akan dirawat oleh dokter yang pernah melakukan pembedahan tersebut," papar Kirby.

Kerry seharusnya ke Madrid pada Senin 1 Juni 2015 untuk menandatangani kesepakatan pertahanan. Lalu berlanjut ke Paris pada Selasa 2 Juni, untuk pembicaraan memerangi militan ISIS.

Kecelakaan bersepeda yang dialami Menlu Kerry terjadi di Scionzier, Prancis, sekitar 40 km sebelah tenggara perbatasan Swiss.

Seorang pejabat Departemen Luar Negeri menduga Kerry menabrak trotoar. Beruntung tidak ada kendaraan lain yang terlibat dalam kecelakaan itu.

"Para petugas kesehatan dan dokter berada di tempat kejadian dengan iring-iringan mobil menlu saat kecelakaan terjadi," kata pihak Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataannya.

Kerry kemudian dibawa dengan helikopter ke rumah sakit di Jenewa untuk perawatan sementara. Setelah konsultasi lebih lanjut baru akan diterbangkan ke Boston, AS. "Menteri Kerry tidak hilang kesadaran," jelas Kirby.
 
Kerry dikenal sebagai pencinta olahraga bersepeda dan sering membawa sepedanya ketika ia melakukan berbagai perjalanan. Pada 1992, ia sempat mengalami cedera bahu saat bersepeda. (Tnt/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.