Sukses

PM India Segera Lawatan Bersejarah ke Israel

Narendra Modi akan menjadi PM India pertama yang mengunjungi Israel.

Liputan6.com, New Delhi - Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi segera mencetak sejarah bagi negaranya. Dia akan menjadi orang nomor satu di pemerintahan India, yang mengunjungi salah satu negara yang paling kontroversial di dunia, Israel untuk pertama kalinya.

Keterangan mengenai kunjungan PM Modi ke Israel disampaikan oleh Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj. Dia mengatakan, kunjungan itu dijadwalkan pada tahun ini. Tetapi mereka belum dapat memberikan kepastian tanggal pasti.

"Untuk tanggal kunjungan bapak PM masih dicari," ujar Swaraj seperti dikutip dari BBC, Senin (1/6/2015).

"Jadi belum ada tanggal final, (kunjungan) akan terjadi saat waktu kedua pihak sudah tepat," sambung dia.

Lawatan Modi ke Israel memang telah diperkirakan sebelumnya. Sebab, sejumlah delegasi India telah melakukan lawatan ke Israel terlebih dulu untuk membicarakan kemungkinan tersebut.

India dan Israel membina hubungan bilateral selama 23 tahun. Namun, belum ada satu pun PM atau Presiden India yang melakukan kunjungan resmi ke Israel.

Israel beberapa tahun belakangan terus menjadi sorotan dunia. Kecaman pun kerap datang kepada negara ini karena pendudukannya di atas wilayah Palestina.

Langkah Israel tersebut menuai kecaman dari sejumlah negara dunia, karena dianggap sebagai bentuk penjajahan. Akibat banyaknya protes, alhasil tak banyak negara mau membina hubungan bilateral dengan Israel termasuk juga Indonesia. (Ger/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.