Sukses

Menlu AS John Kerry Alami Patah Kaki Saat Bersepeda di Alpen

Patah tulang paha kanan itu disebutkan tidak mengancam jiwa dan Kerry diharapkan bisa pulih seperti semula.

Liputan6.com, Paris - Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengalami patah kaki dalam sebuah kecelakaan saat bersepeda di Pegunungan Alpen dekat Scionzier, Prancis, Minggu waktu setempat.

"Kerry sudah kembali ke Amerika Serikat dan telah membatalkan kunjungan ke Madrid dan Paris," kata John Kirby, juru bicara Kerry seperti dikutip Reuters, Minggu (31/5/2015).

Dia diterbangkan dengan helikopter medis dari lokasi kecelakaan ke Rumah Sakit Umum Pusat Jenewa.

"Dia tidak kehilangan kesadaran," kata Kirby, sambil menambahkan bahwa paramedis dan dokter berada di tempat kejadian dengan iring-iringan Kerry pada saat kecelakaan.

Patah tulang paha kanan itu disebutkan tidak mengancam jiwa dan Kerry diharapkan bisa pulih seperti semula. Menurut juru bicaranya, Kerry dibawa ke rumah sakit Jenewa setelah terluka dan kini dalam kondisi stabil.

Kecelakaan itu terjadi ketika Kerry sedang keluar bersepeda sehari setelah pertemuan dengan timpalannya dari Iran Mohammad Javad Zarif di Jenewa untuk mencoba mengatasi hambatan dalam negosiasi membatasi program nuklir Teheran.

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS mengatakan tampaknya Kerry memukul trotoar dan tidak ada kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan.

Ia sedianya melakukan perjalanan ke Madrid, Spanyol, kemudian pada hari Minggu sebelum menuju ke Paris untuk bertemu dengan Perdana Menteri Irak Haidar al-Abadi dan anggota koalisi AS dalam memerangi kelompok militan ISIS. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini