Sukses

Jelang Pilkada, Menteri Siti Nurbaya Akan Stop Perizinan Lahan

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan akan menyetop perizinan hingga akhir tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang pilkada serentak 2015, banyak cara dilakukan para calon kepala daerah yang nakal untuk mencari dana dengan cara ilegal. Salah satunya memberikan izin kepada perusahaan untuk membuka usaha yang bersinggungan dengan lahan dan berdampak terhadap lingkungan hidup.

Terkait hal tersebut, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan, akan menyetop perizinan hingga akhir tahun.

"Kami sedang mempertimbangkan untuk menyetop, belum ada dulu izin, salah satunya izin batu bara hingga akhir tahun," ujar Siti dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta, Minggu (31/5/2015).

Menurut dia, pihaknya akan menyetop izin karena banyak persoalan. Salah satunya harga yang rendah tetapi bahayanya terlalu banyak. "Saya masih bahas dengan eselon I," tutur Siti.

Politikus Nasdem itu juga menjelaskan, tidak hanya akan meninjau perizinan tambang batu bara, tetapi juga pemberian izin untuk membuka lahan kelapa sawit.

"Itu persoalan lain. Sawit yang dicurigai, perizinannya sedang kita review. Timnya juga sudah mulai bekerja," jelas dia.

Meski demikian, Siti menegaskan, izin yang akan dihentikan adalah pengajuan izin-izin baru. "Yang saya bilang adalah izin-izin baru. Kita akan teliti dan segala aspek akan kita pertimbangkan," pungkas dia. (Ado/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini