Sukses

Umumkan Pengurus Demokrat, SBY Teringat Saat Menyusun Kabinet

Ada beberapa posisi di DPP Demokrat yang belum diisi dan akan diumunkan secara lengkap sebelum pelantikan pertengahan Juni nanti.

Liputan6.com, Depok - Menyusun kepengurusan partai bagi Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memang bukan hal baru. Dia bahkan tidak segan menceritakan pengalamannya menyusun kabinet selama 10 tahun menjadi presiden.

Hal itu disampaikan SBY saat konferensi pers pengumuman susunan kepengurusan Partai Demokrat periode 2015-2020 di Raffles Hills, Cibubur, Depok, Jawa Barat, Sabtu (30/5/2015).

SBY terlihat begitu bersemangat saat menyampaikan mekanisme penyusunan pengurus Partai Demokrat. Dia lalu teringat saat-saat dirinya masih sebagai Presiden RI yang sibuk menyusun kabinet.

"Saya punya pengalaman pada kapasitas saya yang lain (presiden) pada 2004 dan 2009 menyusun kabinet, bahkan beberapa kali reshuffle. Itu penuh dinamika. Kadang dalam satu hari ada perubahan dan dinamika sehingga membutuhkan keputusan cepat," kenang SBY.

Presiden ke-6 RI itu memang tidak secara utuh mengumunkan pengurus Partai Demokrat. Ada beberapa posisi yang belum diisi dan akan diumunkan secara lengkap sebelum pelantikan pertengahan Juni nanti.

"Satu catatan ketentuan khusus. Jika sebelum pelantikan nanti ada situasi khusus yang terjadi. Misalnya 1 atau 2 orang mengundurkan diri atau ada masalah lain, maka akan kami lakukan koreksi pembetulan dan perubahan. Semua menuju kebaikan Demokrat," imbuh dia.

Meski kepengurusan belum lengkap, SBY tetap akan menyerahkan daftar pengurus baru Partai Demokrat kepada Kementerian Hukum dan HAM. Susunan pengurus Partai Demokrat itu akan diserahkan pekan depan.

"Kami memang belum mengumumkan secara lengkap, tapi kami akan serahkan kepengurusan ini ke Menkumham. Baru nanti sebelum pelantikan kepengurusan secara lengkap akan kami sampaikan," pungkas SBY. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini