Sukses

Gempa 7,8 SR Menggoyang Lepas Pantai Jepang

Bangunan-bangunan yang ada di Tokyo bergetar akibat gempa tersebut. Lindu ini juga dilaporkan mengganggu layanan kereta bawah tanah.

Liputan6.com, Tokyo - Sebuah gempa berkekuatan 7,8 skala Richter terjadi di lepas-pantai selatan Jepang, Sabtu (30/5/2015) waktu setempat.

Seperti dilaporkan USA Today, bangunan-bangunan yang ada di Tokyo bergetar akibat gempa tersebut. Lindu ini juga dilaporkan mengganggu layanan kereta bawah tanah.

Sementara NHK melaporkan bahwa layanan kereta antara Tokyo dan Osaka dihentikan karena pemadaman listrik. Namun, hingga kini gempa tidak menyebabkan kerusakan besar atau cedera.

Menurut US Geological Survey yang sebelumnya melaporkan gempa berkekuatan 8,5 SR, pusat gempa terletak 540 mil sebelah selatan dari Tokyo di Kepulauan Ogasawara.

Badan Meteorologi Jepang juga melaporkan bahwa tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Naoki Hirata, seorang ahli gempa dari Universitas Gempa Research Centre di Tokyo mengatakan kepada NHK bahwa gempa ini cukup besar. "Ini adalah gempa yang sangat besar dan getaran terasa di wilayah yang luas," ujar dia. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang