Sukses

Curhat JK Soal Paspampres yang Menjaganya Seumur Hidup

Kunjungan JK ke Mako Paspampres ini merupakan yang ketiga kalinya. Ia pertama berkunjung pada 2004 saat menjabat wakil presiden.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak Joko Widodo dan Jusuf Kalla menjalani pemerintahan pada 21 Oktober 2014, tugas Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) menjadi lebih berat. Hal ini diakui Wakil Presiden Jusuf Kalla saat berkunjung ke Markas Komando Paspampres di Jalan Tanah Abang II, Jakarta Pusat.

Bertambahnya tugas Paspampres, jelas JK, karena dia dan Presiden Jokowi sering blusukan ke daerah-daerah.

"Tugas Paspampres sangat berat, tugasnya detail, apalagi Presiden dan saya ‎selalu banyak berada di daerah, lapangan, sehingga perlu upaya berat," kata JK, Jumat (29/5/2015).

JK mengucapkan terima kasih atas pengamanan 24 jam yang diberikan oleh Paspampres. Selalu bersama pasukan khusus ini, membuat JK menganggap mereka sebagai keluarga, apalagi undang-undang sudah mengamanatkan Paspampres menjaganya seumur hidup.

"Kita ini keluarga. Insya Allah berdasarkan undang-undang saya akan seumur hidup dengan Anda semua. Kalau dahulu selama tugas, sekarang dengan aturan yang ada, Anda adalah keluarga saya. Semoga kita diberi umur panjang," ‎ujar JK.

Kunjungan JK ke Mako Paspampres ini merupakan yang ketiga kalinya. Ia pertama berkunjung pada 2004 saat menjabat wakil presiden, dan pada 2009 saat mengakhiri masa jabatan.

Menurut JK, tugas Paspampres tidak sekadar menjaga keselamatan pemimpin negara, tapi juga menjaga konstitusi. "Anda semua para prajurit, jalankan tugas untuk jaga Presiden dan Wakil Presiden, bisa jalankan dengan baik tugas konstitusi," jelas Ketua Umum Palang Merah Indonesia ini.

Dalam tinjauan kali ini, JK melihat prosedur pengamanan serta peralatan yang digunakan untuk menjaga dia. Mulai dari tes makanan dari racun arsenik, pemeriksaan dari ancaman bom, bahaya radiasi nuklir, hingga senjata tempur yang dipakai.

JK meminta agar persenjataan Paspampres ditingkatkan terus, karena teknologi berkembang setiap hari. Ia juga mengingatkan agar fisik para prajurit dilatih terus menerus. Dia pun yakin Paspampres Indonesia tidak kalah dengan pasukan sejenis di negara maju lainnya.

"Paspampres ini tidak kurang dengan pasukan sama di negara maju, karena itu saya percaya‎kan diri saya pada Anda. Pastilah pemerintah akan selalu perhatikan hal penting dalam tugas itu," ucap Jusuf Kalla. (Sun/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Paspampres

  • JK

Video Terkini