Sukses

Komandan Pasukan Khusus Tajikistan 'Hijrah' ke ISIS

Dalam rekaman video yang beredar, Khalimov menegaskan bahwa dirinya telah bergabung dengan kelompok tersebut di Suriah.

Liputan6.com, Aleppo - Komandan pasukan khusus Tajikistan, Gulmurod Khalimov dilaporkan 'hijrah' ke kelompok militan ISIS. Wajahnya terlihat muncul di video grup tersebut.

Dalam rekaman video yang beredar, Khalimov menegaskan bahwa dirinya telah bergabung dengan kelompok teror itu di Suriah.

"Aku bergabung dengan ISIS untuk memprotes kebijakan agama pemerintah Tajikistan, yang anti-Islam," sebut Khalimov seperti dikutip dari BBC, Jumat (29/5/2015).

Dalam tayangan yang diyakini telah direkam di kamp Suriah, Khalimov juga menyinggung kekecewaan terhadap kepolisian di negaranya. Pun menyuarakan kesulitan ribuan migran Tajikistan yang bekerja di Rusia.

Selain itu dirinya juga menyampaikan rencana, untuk kembali ke Tajikistan dan melakukan pembantaian.

Khalimov yang menghilang pada awal Mei terlihat mengenakan pakaian dan sorban serba hitam, sambil memegang senjata.

Menurut wartawan BBC Abdujalil Abdurasulov di Almaty, Khalimov disebut-sebut sebagai salah satu perwira terbaik di Tajikistan. Ia kerap memerangi kelompok ekstrem.

Meski terlihat di video ISIS, pemerintah Tajikistan sejauh ini menolak memberikan pernyataan terkait bergabungnya Khalimov dengan kelompok militan itu.

Ratusan warga dari Asia Tengah diperkirakan pergi ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS, namun baru kali ini ada tokoh sekelas Khalimov yang bergabung dengan kelompok tersebut. (Tnt/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini