Sukses

Serahkan Kartu Sakti, Jokowi Juga Bagi-bagi Sepeda di‎ Manado

"Siapa yang mau sepeda, saya beri pertanyaan sulit, harus bisa jawab," tanya Jokowi.

Liputan6.com, Manado - Presiden Jokowi membagikan 'kartu sakti'‎ yaitu Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Manado, Sulawesi Utara. Pembagian kartu di Puskesmas Talawaan, Minahasa Utara itu dibumbui dengan bagi-bagi sepeda gratis.

Dalam sambutannya, Jokowi berpesan kepada para warga tidak menyalahgunakan kartu sakti yang dibagikannya.

"Jangan dipakai untuk beli pulsa, kalau ada yang pakai untuk beli pulsa, kartu akan ditarik, jadi hati-hati," kata Jokowi di Minahasa Utara, Kamis (28/5/2015).

Usai membagikan setiap kartu, Jokowi menawarkan kepada para perwakilan penerima kartu untuk mendapatkan sepeda. 5 sepeda sudah disediakan Jokowi bagi masyarakat Minahasa Utara yang diparkir di halaman tengah puskesmas tersebut.

"Siapa yang mau sepeda, saya beri pertanyaan sulit, harus bisa jawab," tanya Jokowi.

Beberapa anak penerima KIP mengangkat tangannya. Lalu Jokowi pun memilih salah satu yang paling cepat mengangkat tangan.

Bagi para penerima KIP, Jokowi memberikan pertanyaan untuk menyebutkan 5 provinsi di Indonesia. Dengan sedikit berpikir dan grogi, siswa SMA tersebut menjawab pertanyaan orang nomor 1 di Indonesia tersebut.

"Ya sudah, silakan pilih saja sepedanya, langsung dibawa," kata dia.

Hal serupa juga dilakukannya setelah pembagian KKS dan KIS. Jokowi menunjuk beberapa warga yang berkerumun di puskesmas untuk memperebutkan 2 sepeda lainnya. Akhirnya, 2 sepeda terakhir dimiliki oleh seorang ibu dan nenek yang menjawab pertanyaan Jokowi.

‎Dalam pembagian kali ini, Jokowi menyalurkan langsung setidaknya 2.419 kartu terdiri dari 449 KKS, 456 KIP, dan 1.514 KIS. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.