Sukses

RI Jalin Kerja Sama Tiongkok, Menteri Puan Ingat Era Sukarno

kunjungan Liu ke Indonesia semakin memberikan momentum baru yang positif dalam hubungan bilateral antarkedua negara

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengatakan, kerja sama antara Indonesia dengan Tiongkok mengingatkannya pada era Sukarno. Pada masa itu, hubungan antarkedua negara terjalin begitu baik.

"Kerja sama Indonesia dengan Tiongkok kali ini mengingatkan kembali bagaimana hubungan yang sangat baik juga pernah terjalin pada masa lampau," kata Puan terkait kunjungan kenegaraan Wakil Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok Liu Yandong ke Indonesia di Jakarta, Rabu (27/5)

Puan mengatakan, kunjungan Liu ke Indonesia semakin memberikan momentum baru yang positif dalam hubungan bilateral antarkedua negara. Liu datang ke Indonesia bersama menteri pendidikan, wakil menteri luar negeri dan sejumlah petinggi Tiongkok.

Hubungan Indonesia dan Tiongkok, lanjut Puan, berkembang sangat erat dan cepat. Hal itu ditunjukkan dengan kunjungan kenegaraan yang dilakukan Presiden Joko Widodo ke Beijing dan sebaliknya kedatangan Presiden Tiongkok Xi Jinping ke Indonesia.

"Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kehadiran dan partisipasi akrif Presiden Republik Rakyat Tiongkok pada peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika di Jakarta dan Bandung beberapa waktu lalu. Kehadiran Presiden Tiongkok memberikan bobot dan makna penting bagi penguatan kerja sama Selatan-Selatan," ujar Puan.

Puan menjelaskan, kerja sama dengan Tiongkok terjalin di pelbagai bidang mulai dari pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, kebudayaan, kesehatan, kepemudaan dan pariwisata.

"Saya yakin bahwa bidang-bidang kerja sama yang saya uraikan akan memberikan manfaat bagi kedua negara. Indonesia saat ini sedang bekerja keras untuk meningkatkan kualitas pendidikan, kemampuan riset dan pengembangan teknologi," tukas Puan. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.