Sukses

Horor Mesin Pesawat Singapore Airlines Mati Saat Terbang

Flightradar24 memberitakan ketinggian pesawat sempat berkurang hingga 13.000 kaki atau 3.960 meter.

Liputan6.com, Singapura City - Pesawat Singapore Airlines (SIA) dilaporkan mengalami mati mesin saat tengah mengudara. Beruntung penerbangan SQ836 yang terbang menuju Shanghai berhasil mendarat dengan selamat.  

"Singapore Airlines tengah menyelidiki insiden matinya kedua mesin pesawat SQ836 pada pertengahan penerbangan," demikian diberitakan BBC, Rabu (27/5/2015).

Penerbangan SQ836 terbang dari Singapura ke Shanghai pada Sabtu 23 Mei malam. Saat itu pesawat melintasi cuaca buruk.

Menurut situs penerbangan The Aviation Herald mengutip laporan dari situs SIA seperti diberitakan Asia One, disebutkan penerbangan SQ836 mengalami cuaca buruk sekitar 3,5 jam setelah keberangkatan. Lalu kedua mesinnya mati.

"Pilot kemudian mengikuti prosedur untuk mengembalikan fungsi mesin hingga berjalan normal," jelas pihak SIA.

Situs penerbangan lain, Flightradar24, memberitakan ketinggian pesawat sempat berkurang hingga 13.000 kaki atau 3.960 meter sebelum akhirnya mesin hidup kembali.

Daya yang hilang pada kedua mesin dianggap langka di industri penerbangan, tapi pilot dilatih untuk menangani hal darurat semacam itu.

Penerbangan tersebut kemudian dilanjutkan ke Bandara Internasional Shanghai Pudong, dan mendarat dengan aman sekitar 100 menit kemudian pada pukul 22.56 waktu setempat.

182 Penumpang dan 12 awak pesawat dalam kondisi selamat, tak ada yang cedera.

Kini pihak berwenang tengah menyelidiki penyebab matinya mesin, dengan produsen Rolls-Royce dan Airbus serta Singapore Airlines.

"Kami sudah menghubungi maskapai penerbangan dan Rolls-Royce untuk menentukan penyebab dari kejadian ini," kata seorang juru bicara Airbus.

Pihak Rolls-Royce dan SIA belum mengomentari kejadian tersebut. (Tnt/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.