Sukses

Pansel KPK: Kami Independen, Tak Bisa Diintervensi

Banyak pihak yang meragukan kinerja 9 perempuan yang ditunjuk oleh Presiden Jokowi untuk menduduki posisi Pansel KPK.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pihak yang meragukan kinerja 9 perempuan yang ditunjuk oleh Presiden Jokowi untuk menduduki posisi Panitia Seleksi (pansel) calon pimpinan KPK. Hal ini lantaran mereka dianggap sebagai orang-orang baru‎ dalam bilang pemberantasan korupsi. Dan hal itu dianggap dapat menjadi celah sehingga pansel akan mudah diintervensi.

Merespons keraguan tersebut, juru bicara pansel, Betty Alisjahbana, berjanji akan menjawab keraguan tersebut dengan bekerja cepat sesuai target dan menjamin independensi tim yang biasa disebut 9 Srikandi itu.
‎
"Ya justru kenapa kami ini dipilih karena, salah satu alasannya, kami bersembilan ini independen. Jadi, Insya Allah, kami tidak bisa diintervensi," ujar Betty di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (25/5/2015).

Ia mengatakan, timnya akan bekerja dengan menjunjung tinggi prinsip transparansi dan terus memberikan informasi terkini terkait capaian yang telah dilakukan oleh pansel.

"Dan sesuai dengan UU KPK, proses pemilihan ini perlu transparan, kami akan secara teratur memberikan update. Sesuatu yang kelihatan itu akan lebih susah diintervensi. Kami juga akan membuat Code of Conduct (COC) untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," ujar dia.
‎
Betty mengatakan, walau pansel tersebut hampir seluruhnya diisi oleh orang-orang baru, bukan berarti tidak mempunyai pemahaman tentang bidang pemberantasan korupsi. ‎

"Kami wajah baru, apakah kami tahu KPK? Jadi satu hal, sebelum memulai, kami akan banyak mendengar. Jadi kami akan mengundang beberapa pihak, baik itu pansel lama untuk berbagi pengalaman. Kami juga akan mengundang KPK, kejaksaan, kepolisian, untuk masukan-masukan sehingga kita memiliki pemahaman yang komprehensif," ucap dia. ‎

"Di sini bukan orang-orang baru juga. Masing-masing dari kita punya background dan exposure masalah korupsi dari berbagai aspek dan saya rasa itu sebabnya tim ini dipilih," pungkas Betty. ‎ (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini