Sukses

Khofifah: Kemensos Siap Tampung Anak Yatim Rohingya

Kemensos juga akan memberikan bantuan untuk menangani trauma para pengungsi Rohingya yang berada di penampungan di Provinsi Aceh.

Liputan6.com, Langsa - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Kementerian Sosial siap menampung anak-anak yatim piatu pengungsi Rohingya di Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) di Bambu Apus, Jakarta.

"Kemensos punya safe house di Bambu Apus, kita memberi solusi bagi anak-anak yang tidak punya kerabat lagi ditampung di sana," kata Khofifah di Langsa, Aceh, Minggu (24/5/20154).

Selain itu, Kementerian Sosial akan memberikan bantuan untuk menangani trauma para pengungsi Rohingya yang berada di penampungan di Provinsi Aceh.

"Kita akan berikan terapi psikologis bagi para pengungsi Rohingya dan Bangladesh yang saat ini ditampung di sejumlah lokasi di Aceh," katanya.

Mensos menjelaskan, bantuan pemulihan trauma dilakukan dalam bentuk trauma healing dan konseling.

Nantinya untuk mengatasi kendala bahasa yang ada, Kemensos akan mencari solusinya, agar pemulihan trauma bisa dilakukan secara maksimal.

Berdasarkan data jumlah pengungsi Rohingya dan Bangladesh mencapai 1.759 jiwa di 4 titik dengan rincian sebanyak 564 jiwa di Punteut Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe.

Sebanyak 672 jiwa ditampung di Pelabuhan Kuala Langsa Kota Langsa, 476 jiwa di Bireun Bayeun Kecamatan Rantau Selamat Kabupaten Aceh Timur dan sebanyak 47 jiwa di gedung milik Pemda Kabupaten Aceh Tamiang. (Ant/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.