Sukses

Penyebab Kecelakaan Kereta di Cirebon adalah Sabotase?

Polda Jabar kini sudah menurunkan anggotanya untuk mengamankan lokasi tabrakan antara KA Bangunkarta dan kereta barang itu.

Liputan6.com, Bandung - Kepolisian Daerah Jawa Barat dan Kepolisian Resor Cirebon Kota/Kabupaten, masih menyelidiki penyebab kecelakaan Kereta Api Bangunkarta di dekat Stasiun Warudhuwur, Cirebon, Sabtu 23 Mei malam.

"Masih cari penyebabnya, apa ada sabotase, apa ada kelalaian," kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Jawa Barat Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono melalui telepon, Bandung, Jawa Barat, Minggu (24/5/2015).

"Kalau kereta api kan memerlukan keahlian khusus, soalnya bukan jalan raya yang menjadi undang-undang lalu lintas," sambung dia.

Sulistyo menjelasan, pihaknya akan menyelidiki kemungkinan dugaan adanya kelalaian yang menyebabkan kecelakaan itu, jika mengacu Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

"Jadi kejadian tersebut harus diselidiki bukan dengan undang-undang lalu lintas, tapi dengan KUHP, apa ada kelalaian dan lain-lain," jelas dia.

Sulistyo menambahkan, Polda Jabar kini sudah menurunkan anggotanya untuk mengamankan lokasi tabrakan KA Bangunkarta dan kereta barang itu.

"Untuk selanjutnya penanganan dan penyelidikan lebih lanjut akan dilaksanakan oleh Polres Cirebon Kabupaten," tegas dia.

Kereta Api penumpang Bangunkarta jurusan Jakarta-Surabaya mengalami kecelakaan saat akan memasuki Stasiun Waruduwur, Cirebon, Sabtu malam 23 Mei 2015.

KA itu anjlok dan menimpa gerbong kereta barang. Seluruh penumpang kereta itu selamat, namun 2 orang mengalami luka-luka. Keduanya sudah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis. (Ant/Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini