Sukses

Sigi Investigasi: Waspada, Akik Abal-abal Beredar

Liputan6.com, Jakarta - Heboh batu akik nyaris merata di semua daerah Tanah Air. Fenomena batu akik ini bahkan sempat mendominasi pemberitaan media massa dan nilai batu akik yang sudah diikat cincin pun meroket hingga mencapai ratusan juta rupiah. Di tengah kegandrungan masyarakat akan batu mulia ini, muncul oknum pengrajin dan pedagang yang mendistribusikan akik aspal alias asli tapi palsu.

Batu-batu mulia berpendar dengan beragam bentuk dan corak yang menyilaukan mata menjadi magnet sangat kuat merenggut perhatian pengunjung yang datang ke salah satu pasar batu akik.

Akik pancara, badar besi, dan siem punya keindahan tersendiri dengan bentuk serta warnanya yang menyerupai gula-gula. Batu akik ini berasal dari negeri Tiongkok. Namun ternyata ada beberapa jenis batu cincin ini yang bukan asli. Dan 1 fakta mengejutkan menyeruak, beberapa batu akik ini adalah batu akik aspal alias asli tapi palsu yang melalui proses masakan.

Sangatlah sulit terutama membedakan jenis batu akik asli dengan yang palsu. Karena penasaran, Tim Sigi Investigasi SCTV pun mengejar informasi seputar cara pembuatannya.

Tim Sigi Investgasi SCTV mendapatkan seorang informan yang berasal dari Jawa Barat. Nego pun kami lakukan dengan penghubung agar bisa terobos masuk ke pengrajin batu sintetis alias batu masakan. Seseorang mengantar kami menuju lokasi pembuatan batu akik abal-abal. Dengan sembunyi, kami memotret semua kegiatan pemalsuan akik itu.

Bahan dasar pembuatan akik abal-abal ternyata adalah pecahan kaca. Warna-warni pecahan kaca dijadikan jenis warna dasar batu akik aspal itu. Langkah berikutnya mencari tahu asal muasal bahan baku akik aspal itu didapat.

Rupanya si pengrajin mencari bahan baku akik palsu berwarna merah yang ternyata sulit didapat. Setelah didapat, saatnya meracik olahan pecahan kaca menjadi batu akik sintetis yang sulit dibedakan dengan aslinya.

Si pengrajin hanya butuh sepasang besi untuk membentuk potongan kaca menjadi batu akik aspal. Lalu bahan yang berasal dari pecahan kaca dipanaskan dengan bara api hingga meleleh. Cukup banyak kendala menghadang dalam membuat batu masakan itu.

1 ilmu penting berhasil Tim Sigi Investigasi SCTV dapatkan. Pengrajin batu akik abal-abal itu membocorkan perbedaan batu akik asli dan palsu buatannya. Batu yang sudah jadi usai diproses harus digosok untuk mendapatkan kualitas terbaik.

Dengan peralatan yang sangat sederhana dan dibantu seorang asisten, pengrajin ini menyelesaikan hasil karyanya di atas ampelas. Dan hasilnya, batu masakan akik abal-abal ini sangat mirip aslinya.

Di tengah-tengah batu akik masakan ini, muncul batu akik kalimaya yang namanya tersohor dan sangat mahal harganya, meskipun akik kalimaya palsu. Asisten pengrajin batu masakan ini punya jurus jitu tipu-tipu yang bisa membuat penggemar akik terkecoh dengan batu akik kalimaya palsu. Modal tambahannya hanya sedikit lem khusus agar stiker tidak gampang lepas.

Kota Sukabumi, Jawa Barat salah satu kota sentra pembuatan batu akik asli. Batu alam yang masih berbentuk bongkahan dan tak beraturan di tangan para pengrajin dalam sekejap disulap menjadi batu akik nan indah.

Konsentrasi tinggi bermain dengan pisau potong yang super tajam dipadu dengan jiwa seni untuk membentuk batu alam menjadi batu cincin yang indah. Perlahan tapi pasti. Mengondisikan batu akik menjadi indah tak semudah membuat batu masakan atau batu akik aspal. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui.

Tahapan itu adalah asah dengan mata gerinda agar terbentuk yang diinginkan. Lalu, batu akik yang sudah setengah jadi dipoles agar terlihat kinclong. Bagian poles akik ada pengrajinnya sendiri. Dan, ribuan batu akik yang berasal dari batu alam pun siap dilempar ke berbagai daerah termasuk luar Pulau Jawa.

Maraknya jual beli batu akik membuat para pembeli harus ekstra hati-hati. Jangan sampai kecolongan karena oknum pedagang yang ingin raup untung besar mengintai lewat batu akik aspal.

Tentunya, para penikmat akik harus lebih paham dan tahu ilmu tentang batu mulia serta mengenal ciri-ciri batu akik yang asli agar tak terjerat tipu daya oknum pedagang yang menjual akik palsu.

Ingin tahu bagaimana pembuatan batu akik aspal atau abal-abal? Dan bagaimana cara membedakan batu akik aspal dengan yang asli? Saksikan selengkapnya dalam tayangan Sigi Investigasi SCTV, Minggu (24/5/2015), di bawah ini. (Vra/Ado)

Artikel Selanjutnya
Ditinggal Mudik Warganya, Kualitas Udara Jakarta Membaik
Artikel Selanjutnya
Menikmati Panorama Kelok Sembilan di Jalur Mudik Sumbar - Riau