Sukses

Gempa 5,1 SR di Paniai Papua Tak Berpotensi Tsunami

Saat gempa di timur laut Dogiyai, Papua terjadi, masyarakat sempat panik dan berhamburan keluar rumah.

Liputan6.com, Paniai - Gempa bumi berkekuatan 5,1 skala Richter (SR) menguncang beberapa wilayah di timur laut Dogiyai, Papua pada Sabtu dini hari tadi.

"Gempa mengguncang pukul 02.37.57 WIB. Pusat gempa di darat pada koordinat 3.67 LS,135.92 BT (47 km Timur Laut Dogiyai-Papua)," jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima Sabtu (23/5/2015).

Sutopo menjelaskan, pusat gempa berada pada kedalaman 10 Km, dan tidak berpotensi tsunami. "Gempa terasa kuat mengayun selama 5 detik di Paniai dan Deiyai," tambah dia.

Saat gempa terjadi, masyarakat sempat panik dan berhamburan keluar rumah. Kendati demikian, kondisi tetap kondusif.

"BPBD masih melakukan pemantauan. Belum ada laporan kerusakan bangunan akibat gempa," pungkas Sutopo.

Sebelumnya di Kabupaten Paniai, tepatnya di daerah pertambangan masyarakat di Distrik Bogobaida, Kampung Damai Tiga, pernah terjadi bencana tanah longsor. Musibah yang terjadi Rabu 2 Juli 2014 lalu memakan korban jiwa. Sembilang orang dinyatakan meninggal. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.