Sukses

Pengebom Bunuh Diri Serang Masjid Syiah di Arab Saudi

Serangan terjadi ketika Arab Saudi memimpin beberapa negara koalisi menggempur pemberontak Syiah di negara tetangga, Yaman.

Liputan6.com, Jeddah - Seorang pengebom bunuh diri menyerang sebuah masjid Syiah di Provinsi Timur, Arab Saudi yang menyebabkan jatuhnya sejumlah korban. Demikian diungkap sejumlah media resmi di Arab Saudi.

Seperti dikutip BBC, Jumat (22/5/2015), seorang saksi mata mengatakan ia melihat ledakan hebat di Masjid Imam Ali yang terletak di Desa al-Qadeeh. Ia memperkirakan korban serangan yang terjadi ketika tengah berlangsung salat Jumat ini sekitar 30 orang.

Gambar-gambar yang ditayangkan jaringan televisi al-Manar milik kelompok Hizbullah di Lebanon memperlihatkan kaca dan benda-benda berserakan di dalam masjid, sementara beberapa korban yang tergelatak ditutup dengan kain.

Warga Syiah di Arab Saudi sebagian besar menetap di Provinsi Timur dan kerap muncul aksi-aksi protes sporadik di sana mendesak pemberian hak yang lebih besar bagi mereka.

Insiden ini menandai untuk pertama kalinya masjid Syiah menjadi sasaran serangan di Arab Saudi. Serangan terjadi ketika Arab Saudi memimpin beberapa negara koalisi menggempur pemberontak Syiah di negara tetangga, Yaman.

Selain menghadapi pemberontak Syiah, Arab Saudi juga merasa terancam dengan keberadaan kelompok yang menamakan diri Negara Islam (ISIS) di kawasan Timur Tengah. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.