Sukses

Fadli Zon: Pimpinan Baru KPK Diharapkan Bukan Orang Titipan

Independensi pimpinan KPK itu akan membuat lembaga antirasuah dapat bekerja secara maksimal.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memilih 9 wanita sebagai Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan KPK. Dari sembilan nama itu, Jokowi menunjuk Destry Damayanti yang berlatar belakang ekonom sebagai ketua pansel.

Dikabarkan, Destry Damayanti adalah salah satu staf Menteri BUMN Rini Soemarno.‎ Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyatakan jika benar demikian, Destry harus harus memilih salah satu jabatan.

"Kalau milih Pansel ya jangan staf ahli. Enggak bisa kedua-duanya karena akan terjadi conflict of interest," kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (22/5/2015).

Meski begitu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu meminta pansel KPK dapat bekerja dengan baik. Karena kinerja mereka akan mendapat sorotan dari sejumlah pihak. "Semuanya akan diawasi. Baik parlemen, pemerintah, maupun legislatif," ucap dia.

Dia berharap, para srikandi itu dapat memilih 'ksatria' KPK yang bebas dari kepentingan berbagai pihak. Independensi pimpinan KPK itu akan membuat lembaga antirasuah dapat bekerja secara maksimal.

"Kita harapkan dari orang-orang yang dipilih itu independensinya tinggi dan enggak punya kepentingan bahwa titipan lembaga atau kelompok. Sehingga orang yang terpilih bisa kerja secara optimal tanpa ada utang tinggi," tandas Fadli.

Kepala Pusat Komunikasi Kementerian BUMN Teddy Poernama‎ menyatakan bahwa Destry Damayanti bukan staf ahli Menteri Rini ataupun Kementerian BUMN.
"Bukan staf ahli Kementerian BUMN, tapi Ketua Gugus Tugas Ketahanan Ekonomi di Kementerian BUMN," kata Teddy saat dihubungi hari ini.

Sedangkan untuk posisi di Bank Mandiri, ‎Destry Damayanti menduduki jabatan sebagai Chief Economist Bank Mandiri. ‎"Dia di Bank Mandiri sebagai ekonom. Kan bisa dari mana saja menjadi ekonom di Bank Mandiri itu, bisa dari akademisi atau mana saja‎," kata Teddy. (Ali/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Fadli Zon lahir di Jakarta, 1 Juni 1971. Saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia
    Fadli Zon lahir di Jakarta, 1 Juni 1971. Saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia

    Fadli Zon

  • Pansel KPK

Video Terkini