Sukses

4 Paus Terdampar di Pantai Sanur Bali

Keberadaan 4 paus itu pertama kali dilihat oleh Agung yang tengah memancing di pantai depan Taman Festival, Sanur.

Liputan6.com, Denpasar - Empat ekor paus terdampar di Pantai Padang Galak, Sanur, Bali. Diduga hewan mamalia itu terdampar di Padang Galak tersebut karena terbawa ombak.

Keberadaan 4 paus itu pertama kali dilihat oleh Agung yang tengah memancing di pantai depan Taman Festival, Sanur.

"Tadi saya lihat ikan paus itu ada empat dan sepertinya mereka kelelahan dan lemah," ungkap Agung, warga Peguyangan Denpasar di lokasi kejadian, Jumat (21/5/2015).

Agung mengatakan, terdamparnya 4 paus itu juga disaksikan warga lain. Mereka telah menyaksikan kejadian langka itu sejak beberapa hari ini. Terlihat kondisi mereka lemah dan terombang-ambing di laut sekitar 100 meter dari bibir pantai.

Mendengar hal ini, sejumlah aktivis LSM lingkungan seperti Coral Reef Alliance Indonesia dan petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) segera mendatangi lokasi kejadian.

Kepala Bidang Pengawasan Kelautan dan Pemberdayaan Masyarakat KKP Provinsi Bali, Made Sudarsana, menuturkan paus tersebut berukuran sedang. Ia meyakinkan akan menyelamatkan hewan yang dilindungi itu agar terhindar dari segala bahaya yang mengintai.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan tim SAR Denpasar, agar ikan-ikan itu bisa segera dievakuasi ke tengah laut," papar Made Sudarsana. Belakangan disebutkan, 4 paus itu sudah digiring ke tengah laut. (Sun/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini