Sukses

Jokowi Tegaskan Dana 3 'Kartu Sakti' dari Pengalihan Subsidi BBM

Dalam kunjungannya di Kabupaten Malang, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bagikan 3 kartu sakti.

Liputan6.com, Malang - Dalam kunjungannya di Kabupaten Malang, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bagikan 3 kartu sakti di Balai Desa Asrikaton Pakis, Kabupaten Malang, pada Kamis kemarin siang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (22/5/2015), 3 kartu sakti yang dibagikan terdiri dari 872 Kartu Keluarga Sejahtera (KIS), 742 Kartu Indonesia Pintar (KIP) serta 2614 lembar Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Presiden Jokowi berpesan kepada masyarakat agar menggunakan kartu sakti tersebut secara arif dan bijaksana sesuai dengan fungsi dan kegunaannya masing-masing. Meski mengantongi KIS, Jokowi meminta masyarakat untuk tetap menjaga gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi  serta berolah raga.

Presiden juga menjelaskan sumber dana dari 3 kartu sakti tersebut, yakni berasal dari pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM).

"KIS, KIP, KIS, dan kartu penyandang disabilitas ini anggarannya dari mana? Anggarannya dari pengalihan subsidi BBM. KIS diberikan pada 88 juta orang, KIP diberikan pada 20 juta anak-anak," jelas Presiden Jokowi.

Selain membagikan kartus sakti, Jokowi juga membagikan 5 sepeda serta ratusan buku dan baju kepada warga Desa Asrikaton. Selain Desa Asrikaton kartu sakti juga diberikan kepada warga di Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Mahgfiroh, Merjosari, Kota Malang  serta kawasan Coban Talun, Kota Batu. (Mar/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.