Sukses

Alasan Jokowi Pilih Ekonom Bank Mandiri Jadi Ketua Pansel KPK

Presiden Jokowi memilih 9 perempuan masuk dalam Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan KPK.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi memilih 9 perempuan masuk dalam Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan KPK. Dari sembilan nama itu, Jokowi menunjuk Destry Damayanti yang berlatar belakang seorang ekonom sebagai ketua pansel.

Pemilihan Destry yang menjabat sebagai Chief Economist Bank Mandiri itu lantaran kemampuan perempuan tersebut dalam mengelola sebuah tim. Seperti diungkapkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Korupsi itu bukan hanya masalah hukum, korupsi itu masalah hukum tata negara, masalah hukum pidana, juga masalah hukum bisnis. Korupsi itu juga masalah kelembagaan, korupsi itu juga masalah manajemen. Makanya pilihannya kita cari seorang ketua yang mampu mengelola kerja, kerja tim pansel ini secara baik," ujar Pratikno di Istana Kepresidenan, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (21/5/2015).

Namun demikian, Pratikno mengatakan, Jokowi menganggap 8 pansel KPK lainnya juga merupakan sebuah kesatuan tim. Ia mengibaratkan tim tersebut sebagai lembaga birokrasi yang terpisah antara atasan dan bawahan.

Pratikno yakin Pansel KPK dapat bekerja sama secara kolektif di bawah pimpinan seorang ekonom.

"Ketua bukan berarti akan mewarnai kerja pansel, sama sekali tidak. Ini beda dengan sebuah organisasi yang hirarkis, ini sebuah organisasi kolektif. Jadi semua pihak, semua orang punya kesempatan yang sama untung menuangkan pengetahuannya, keahliannya, ke dalam proses seleksi itu. Jadi kalau ketua akan jadi koordinator saja," ujar dia.‎

Pratikno juga menepis anggapan kalau ketua pansel justru haruslah tokoh yang mempunyai latar belakang hukum. Menurut dia, persoalan KPK tidak hanya masalah hukum namun juga berbagai aspek lainnya.

"Karena itu, lembaga harus dipimpin oleh orang yang punya kemampuan integritas tinggi, punya kompetensi yang beragam dan lengkap. Nah, korupsi itu bukan hanya masalah hukum dan masalah hukum tata negara," kata dia.

Ia yakin di bawah kepemimpinan Destry, pansel dapat menjalani proses seleksi dengan baik dan menghasilkan para calon pimpinan KPK yang mempunyai integritas.

"Ini adalah sebuah tim kolektif jadi tim yang bekerja secara kolektif dimana pemimpin itu menentukan agenda setting kemudian men-drive semua orang agar berperan," pungkas Pratikno. (Ndy/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Pansel KPK

Video Terkini