Sukses

Demo Harkitnas Sepi, Polisi Jaga Bundaran HI Sampai Sore

Sesekali rombongan bis pengunjuk rasa melewati bundaran HI. Namun mereka tak berhenti. Melainkan berjalan terus ke arah Istana.

Liputan6.com, Jakarta - Situasi lalu lintas di bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat terpantau lancar. Meskipun semula titik tersebut diprediksi akan ramai oleh aksi peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas).

Sepanjang pagi hanya perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEMSI) dan Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) yang berunjuk rasa di Bundaran HI.

Dari pantauan Liputan6.com, Rabu (20/5/2015), polisi masih tetap berjaga-jaga dan kendaraan taktis masih terparkir di sebelah pos polisi bundaran HI. Meskipun kondisi lalu lintas berangsur normal.

Sesekali rombongan bis pengunjuk rasa melewati bundaran HI. Namun mereka tak berhenti. Melainkan berjalan terus ke arah Istana.

Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Pol Pasaribu mengatakan, pihaknya akan terus menyiagakan pengamanan di bundaran HI hingga sore nanti, sekitar pukul 17.00 WIB.

"Kemarin kita terima laporan bahwa HI akan jadi salah satu pusat unjuk rasa, karena itu kami melakukan persiapan penjagaan. Kalau ternyata tidak jadi malah lebih bagus kan," ujar Daniel ketika dihubungi Liputan6.com.

Dia menjelaskan, jajarannya menyiagakan kekuatan 952 personel gabungan dari Brimob Polri, Brimob Polda, Polres Jakarta Pusat, dan Sat Pol Pemprov DKI Jakarta. Dilengkapi dengan 1 unit Barracuda dan 3 unit mobil water cannon.

"Personel dan kendaraan tidak akan ditarik ke komando masing-masing hingga nanti sore," pungkas Daniel. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.