Sukses

JK: Peringati Harkitnas, Teruskan Niat dan Upaya Bapak Bangsa

JK mengatakan, pola pikir dalam menyikapi Harkitnas sudah berubah dibandingkan pada zaman penjajahan dulu.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta semangat Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh pada hari ini bisa diteruskan seluruh masyarakat Indonesia. Semangat yang sudah dipupuk oleh pendiri bangsa Indonesia tidak boleh padam.

"Kita harus mengingat bahwa lebih 100 tahun lalu, bapak bangsa ini sudah menggerakkan bangsa untuk bangkit, untuk maju kemerdekaan. Jadi kita harus sadar bahwa ini kita harus meneruskan niat dan upaya itu," kata Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu (20/5/2015).

Pria yang akrab disapa JK ini mengatakan, pola pikir dalam menyikapi Harkitnas sudah berubah dibandingkan pada zaman penjajahan dulu. Generasi saat ini atau para calon penerus bangsa sebaiknya melanjutkan perjuangannya melalui pendidikan.

"Coba bayangkan, zaman penjajahan sudah berpikir kemajuan, apalagi sekarang sudah berpikir soal pendidikan. Kan mulai soal pendidikan saat ini," tutur dia.

Sementara itu, ribuan massa melakukan unjuk rasa dalam peringatan Harkitnas kali ini. Mereka tersebar di 3 titik pusat unjuk rasa yaitu Istana Negara, Bundaran Hotel Indonesia (HI), dan Gedung DPR/MPR/DPD.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pun akan mengadakan rekayasa lalu lintas di titik tersebut. Sedangkan untuk menjaga ketertiban, 8.000 personel aparat kepolisian turut dikerahkan untuk mengamankan jalannya demo. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini