Sukses

Kekurangan Soal, UN SD di Jambi Mundur Sejam

Belasan sekolah mengalami kekurangan lembar soal dan lembar jawaban UN. Tapi hal itu sudah dilaporkan ke Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

Liputan6.com, Jambi - Gara-gara kekurangan lembar soal dan lembar jawaban ujian, pelaksanaan Ujian Nasional tingkat Sekolah Dasar dan sederajat di Kota Jambi menjadi molor. Seharusnya UN dimulai pukul 08.00 WIB, tapi mengalami kemunduran hingga satu jam lamanya.

"Lembar jawabannya tidak cukup sehingga ujian diputuskan diundur satu jam," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Jambi, Arman, di Jambi, Selasa (19/5/2015).

Menurut Arman, ada belasan sekolah yang mengalami kekurangan lembar soal dan lembar jawaban UN. Tapi hal itu sudah dilaporkan ke Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

Sekolah yang mengalami kekurangan soal dan lembar jawaban di antaranya SDN 25 Kota Jambi, SDN 97, SDN 65, Madrasah Ibtidayah (MI) Darusalam, MI 36, MI 25, MI 139, SDN 29, dan SDN 116 Kota Jambi.

"Kami lapor ke Dinas Pendidikan Provinsi Jambi meminta agar pihak rekanan percetakan soal segera mendistribusikan lembar jawaban cadangan ke sekolah yang kekurangan," jelas Arman.

Kondisi ini disayangkan sejumlah siswa SD yang mengikuti UN. "Padahal kami sudah siap-siap, kami tunggu-tunggu kok soalnya tidak dibagi-bagi. Cukup lama menunggu sejam lebih," ujar Ani, salah seorang siswa SD di Kota Jambi.
 
Ujian Nasional tingkat SD sederajat di Kota Jambi diikuti 11.003 siswa yang berasal dari 250 SD sederajat di Kota Jambi. (Sun/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.