Sukses

Distribusi Soal UN SD di Berbagai Daerah Dikawal Polisi

Pendistribusian soal UN SD di Semarang, Garut, hingga Jakarta dikawal oleh personel polisi.

Liputan6.com, Semarang - Sebanyak 45.728 lembar soal Ujian Nasional (UN) dan 228 soal susulan UN Sekolah Dasar (SD) didistribusikan Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah sejak pagi tadi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (17/5/2015), pendistribusian soal UN SD mendapatkan pengawalan petugas bersenjata dari Polres Semarang. Pengawalan ini sebagai prosedur tetap, sebab soal ujian merupakan dokumen negara yang wajib dijaga kerahasiaannya.

Ribuan soal ini diantarkan ke 19 subrayon di 19 kecamatan menggunakan 5 mobil boks yang masing-masing dikawal 2 anggota polisi.

Di Garut, Jawa Barat, Dinas Pendidikan Kabupaten Garut mengebut pendistribusian soal UN pada H-1 hari ini. Naskah soal UN langsung didistribusikan ke  42 kecamatan yang tersebar di kabupaten.

Sementara di Boyolali, Jawa Tengah, murid peserta UN di SD Negeri Randu, Kecamatan Cepogo melakukan cuci kaki dan sungkem kepada orangtua. Mereka meminta doa restu agar sukses melaksanakan UN. Mereka mencuci kaki orangtuanya sebagai simbol berbakti kepada orangtua yang sudah mendidik dan menjaga sejak lahir.

Persiapan UN SD juga terus dilakukan di Kompleks SDN Cikini, Jakarta Pusat. Ruang ujian sudah disterilkan serta dijaga 24 jam. Ujian akhir tingkat SD disebut dengan ujian sekolah madrasah berstandar daerah karena komposisi soal terdiri dari 75 persen muatan nasional, selebihnya porsi Dinas Pendidikan Daerah. (Vra/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.