Sukses

Warga di Perbatasan Nunukan-Malaysia Berkewarganegaraan Ganda

Separuh dari warga di dua kecamatan yang bersebelahan dengan Sarawak berkewarganegaraan ganda karena faktor ekonomi.

Liputan6.com, Nunukan - Sejumlah daerah di Kalimantan Utara yang berbatasan dengan Malaysia, penduduknya ternyata berkewarganegaraan ganda. Seperti di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, warganya memiliki dua identitas kewarganegaraan yakni Indonesia dan Malaysia.

"Diperkirakan separuh dari penduduk Kecamatan Krayan itu miliki kartu tanda penduduk (KTP) Indonesia dan Identity Card (IC) Malaysia," ujar Sekretaris Jenderal Adat Besar Dayak, Gat Kaleb di Nunukan. Hal serupa terjadi di Kecamatan Krayan Selatan.

Dua kecamatan ini berbatasan langsung dengan Negeri Sarawak, Malaysia, sehingga akses keluar masuknya sangat mudah.

Dilansir dari Antara, Minggu (17/5/2015), jumlah penduduk pada 2 kecamatan ini 18.000 jiwa. Diperkirakan 50 persen memiliki IC Malaysia. Kartu identitas sebagai warga negara Malaysia ini sangat mudah didapatkan warga, asalkan ada jaminan keluarga yang telah lebih dulu menjadi warga negara Malaysia.

Menurut Gat Kaleb, masyarakat di 2 kecamatan tersebut berupaya mendapatkan kewarganegaraan Malaysia agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang layak di negara itu. Sebab di daerahnya sendiri sangat sulit mendapatkan pekerjaan.

Umumnya setelah musim tanam, masyarakat di 2 kecamatan itu berbondong-bondong menyeberang ke Sarawak, Malaysia, mencari pekerjaan untuk biaya hidup dan biaya sekolah anak-anak mereka. Dengan berbekal IC Malaysia, mereka mudah mendapatkan pekerjaan yang layak.

"Hampir separuhnya masyarakat Kecamatan Krayan dan Krayan Selatan itu berkewarganegaraan ganda karena faktor ekonomi," jelas Gat Kaleb. Saat memasuki musim tanam, mereka kembali ke kampung halamannya di Indonesia.

Disebutkan juga, WNI yang berkewarganegaraan ganda tersebut hampir seluruhnya telah memiliki rumah di Sarawak.

Bahkan keluarga Gat Kaleb seperti paman, tante, dan seluruh sepupunya banyak yang telah tinggal dan menjadi warga negara Malaysia dengan kondisi kehidupan yang mapan. (Sun/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini