Sukses

Pasukan AS Bunuh Abu Sayyaf, Tokoh Kunci ISIS di Suriah

Pemimpin senior sekaligus 'Menteri Perminyakan' ISIS itu tewas dalam operasi yang digelar pasukan komando Delta Force di Suriah timur.

Liputan6.com, Washington DC - Amerika Serikat mengklaim membunuh tokoh kunci kelompok Negara Islam atau ISIS di Suriah, Abu Sayyaf. Pemimpin senior sekaligus 'Menteri Perminyakan' ISIS itu tewas dalam operasi yang digelar pasukan komando Delta Force di Suriah bagian timur sejak Jumat malam hingga Sabtu 16 Mei 2015.

"Pimpinan ISIS itu diidentifikasi Abu Sayyaf, tewas dalam baku tembak sengit. Ia melawan saat hendak ditangkap dalam serangan di Al-Amr, Suriah timur," ucap Menteri Pertahanan AS Ash Carter dalam sebuah pernyataan di Washington DC, seperti dikutip dari CNN, Minggu (17/5/2015).

Pasukan AS juga menangkap istri Abu Sayyaf, Umm Sayyaf. Kini, ia berada di tahanan militer AS di Irak. Dia diduga terlibat dalam kegiatan teror sang suami.

"Kami menduga Umm Sayyaf adalah anggota ISIS, memainkan peran penting dalam kegiatan teroris ini, dan mungkin telah terlibat dalam perbudakan wanita muda yang diselamatkan tadi malam (Jumat 15 Mei 2015)," ujar Juru Bicara Gedung Putih Urusan Keamanan Nasional, Bernadette Meehan, seperti dilansir CNN.

Menurut Meehan, penyerbuan di Suriah timur itu atas perintah Presiden AS Barack Obama.

"Tadi malam (Jumat 15 Mei 2015), atas perintah Presiden, personel AS keluar dari Irak untuk melancarkan operasi di Al-Amr di Suriah timur untuk menangkap pemimpin senior ISIS yang dikenal sebagai Abu Sayyaf dan istrinya Umm Sayyaf," tutur Meehan.

Salah satu sumber kepada CNN menyebutkan, operasi darat dipimpin pasukan komando Delta Force. "Ada sekitar 2 lusin personel Delta Force dari sekitar 100 prajurit yang terlibat operasi tersebut," beber sumber tersebut.

Menurut dia, dengan menggunakan helikopter Sikorsky UH-60 Black Hawk dan pesawat tiltrotor Bell Boeing V-22 Osprey, pasukan Delta Force kemudian memasuki lokasi Abu Sayyaf.

Terjadilah pertempuran sengit. Para militan ISIS berupaya mempertahankan gedung tempat Abu Sayyaf berada. "Mereka bahkan mencoba menggunakan perisai manusia, namun pasukan AS berhasil membunuh para militan tersebut tanpa menyakiti perempuan dan anak-anak," kata pejabat tersebut tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Adapun Menhan Carter mengatakan, Sayyaf adalah warga Tunisia. Sayyaf merupakan komandan ISIS yang membantu mengelola penjualan minyak dan gas di pasar gelap. Penghasilan dari penjualan minyak itu yang kemudian menjadi dana bagi ISIS dalam berperang. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.