Sukses

Libur Panjang, Yogyakarta Dipadati Kendaraan dari Luar Kota

Kepadatan terjadi di area obyek wisata seperti di depan jalan Kebun Binatang Gembiraloka, Pasar Beringharjo, dan Benteng Vredenburg.

Liputan6.com, Yogyakarta - Libur panjang dari Kamis 14 Mei 2015 hingga akhir pekan ini membuat jalanan di Yogyakarta dipenuhi kendaraan dari luar kota. Ya, Daerah Istimewa Yogyakarta memang menjadi salah satu tujuan wisatawan.

Jalan-jalan protokol di Yogyakarta mulai dipenuhi kendaraan roda 4 dan 2. Mulai dari Jalan Solo, Jalan Jenderal Sudirman, Jl Margo Utomo/Jalan Mangkubumi hingga Jalan Malioboro.

Pantauan Liputan6.com, kemacetan terlihat di beberapa titik pusat kota seperti Simpang 4 Gondomanan, Simpang Kleringan, dan Simpang Tugu Jogja.

Salah seorang Warga Wonosari, Gunungkidul, Yuni mengatakan, kemacetan di Yogyakarta sudah dirasakan sejak Jumat 15 Mei 2015. Perjalanan dari Wonosari ke Yogyakarta yang biasa ditempuh dalam 45 menit kali ini harus ditempuh hampir 2 jam lebih.

"Sejak kemarin malam pas mau kondangan ke Wanitatama Jalan Solo sampai 2 jam lebih. Ini tadi dari rumah ke Ina Garuda Jalan Malioboro macet 1,5 jam," ujar Yuni, Sabtu (16/5/2015).

Kepadatan terjadi di area obyek wisata seperti di depan jalan Kebun Binatang Gembiraloka, Pasar Beringharjo, dan Benteng Vredeburg.

Dia tidak mempermasalahkan kondisi macet di di akhir pekan ini. Ia hanya meminta kepada pengendara baik dari dalam kota maupun luar kota bersabar karena kepadatan arus lalu lintas.

Stasiun Kereta Padat

Sementara itu, kereta api juga masih diminati untuk perjalanan Jogja-Solo dan sebaliknya saat libur panjang ini. Hal ini terlihat ketika ribuan penumpang memenuhi Stasiun Tugu Yogyakarta.

Ribuan penumpang berada di stasiun menunggu perjalanan ke Kota Solo dengan KA Prameks. Tak hanya itu para penumpang ini juga untuk menunggu perjalanan luar kota seperti Jakarta dan Surabaya.

Tiket KA Lokal Prameks sudah habis terjual untuk jadwal 20.05 WIB malam ini. Tiket KA Prameks ludes 1 jam sebelum keberangkatan.

Amin Ihsan salah satu calon penumpang ke Solo berencana menggunakan transportasi lainnya karena tiket sudah habis.

"Wah biasa sih kalau enggak dapat kereta kalau malam begini apalagi kalau libur panjang. Ya paling nanti naik bus saja," ujar dia di Stasiun Tugu,

Penumpang lain Muhammad Agus mengatakan, dia membeli tiket 1,5 jam sebelumnya sehingga beruntung mendapat tiket. Walaupun tanpa tempat duduk, dia rela berdesak-desakan dengan penumpang lainnya. (Mvi/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini