Sukses

Gempa 6,1 SR Getarkan Bengkulu Utara

Gempa tersebut dirasakan kuat di Kabupaten Bengkulu Utara selama 3 sampai 5 detik.

Liputan6.com, Bengkulu Utara - Gempa bumi kembali terjadi di wilayah Tanah Air. Kali ini gempa berkekuatan 6,1 skala Richter (SR) mengguncang Bengkulu Utara.

"Gempa terjadi Sabtu (16 Mei 2015)n pukul 03.26 WIB dengan koordinat 2.79 Lintang Selatan - 101.99 Bujur Timur," tulis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika dalam laman resminya, bmkg.go.id, Sabtu (16/5/2015).

BMKG menjelaskan, gempa yang berkedalaman 165 kilometer berpusat di 50 kilometer timur laut Bengkulu Utara.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, gempa tersebut tak berpotensi tsunami. Hanya saja, lindu tersebut dirasakan kuat di Kabupaten Bengkulu Utara.

"Gempa dirasakan kuat di Kabupaten Bengkulu Utara selama 3-5 detik. Gempa dirasakan lemah di wilayah Kabupaten Lebong selama 2-3 detik. Gempa dirasakan lemah di wilayah Kabupaten Mukomuko selama 1-2 detik," jelas Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Sabtu 16 Mei 2015.

Sejauh ini belum ada informasi mengenai dampak gempa tersebut, baik korban jiwa maupun kerusakan bangunan. "BPBD setempat masih melakukan pendataan di wilayahnya masing masing," pungkas Sutopo. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini