Sukses

Danpasmar-2: Sejuta Terumbu Karang Perkokoh Poros Maritim

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kedaulatan terutama di wilayah laut adalah tugas utama Korps Marinir. Tak hanya itu, koprs kebanggaan TNI Angkatan Laut tersebut juga punya kepedulian tinggi terhadap lingkungan hidup.

Kepedulian tersebut ditunjukkan dengan Save Our Littoral Life yang di dalamnya terdapat program Save Coral Reef bekerja sama dengan SCTV, Indosiar, O Channel, dan Liputan6.com. Program ini adalah buah pikiran dari Komandan Korps Marinir TNI AL Brigadir Jenderal TNI (Mar) Buyung Lalana.

Komandan Pasukan Marinir 2 (Danpasmar-2) Brigadir Jenderal TNI (Mar) RM Trusono, menyebut program ini dilandasi niat dari Brigjen Buyung yang ingin mewujudkan keinginan RI menjadi poros maritim dunia.

"Penanaman dilatarbelakangi pemikiran beliau menyukseskan langsung implementasi (mewujudkan) poros maritim dunia, terutama (memperkuat atau memperkokoh) pilar-pilarnya," ujar Brigjen Trusono dalam wawancara khusus yang dipandu Vina Muliana dari Liputan6.com di Jakarta, beberapa hari lalu.

Dia menyebut, jika program penyelamatan terumbu karang berhasil, maka sudah ada dua pilar penopang poros maritim yang berhasil dicapai. Dua pilar itu adalah sumber daya dan budaya.

Oleh sebab itu, pada Agustus nanti, Koprs Marinir punya acara khusus demi mewujudkan program penyelamatan terumbu karang. Program itu adalah penanaman jutaan terumbu karang baru.

"Kami berharap, kami merencanakan pada Agustus menjelang hari kemerdekaan kita akan melakukan penanaman terumbu karang secara massal mulai Sabang sampai Merauke," sambung dia.

"Mulai dari Pulau Weh kemudian terus mengarah ke Timur sampai dengan Merauke. 22 Titik (penanaman) dengan paling tidak 1 juta substrak terumbu karang. Itu identik dengan 100 hektare terumbu karang baru," pungkas Trusono.

Selengkapnya simak wawancara khusus Komandan Pasukan Marinir 2 Brigadir Jenderal TNI (Mar) RM Trusono dalam video di bawah ini: