Sukses

Mucikari RA Sering Berutang dan Tinggal Berpindah-pindah

RA juga pernah menggadaikan tas Rp 200 ribu karena tak punya uang di tempat tinggalnya di Rusun Petamburan, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas warga di Rumah Susun (Rusun) Petamburan, Jakarta Pusat yang diduga tempat tinggal mucikari RA (32) nyaris tak ada yang istimewa. Warga sekitar menjalani kegiatan sehari-harinya seperti biasa. Terlihat ibu-ibu tengah asyik ngobrol di sebuah warung nasi yang berada di lantai dasar Blok 6.

Namun suasana tiba-tiba menjadi ramai, saat sejumlah awak media mendekati kumpulan ibu-ibu penghuni rusun tersebut. Tanpa ditanya, mereka sudah tahu para pewarta itu ingin menggali informasi soal RA.

"Tolong para wartawan, berita ini jangan dibesar-besarkan. Kasihan Obie (RA). Dia itu nggak mungkin penghasilannya sebesar itu," kata ibu-ibu itu saling bersahutan begitu didekati para awak media di Petamburan, Jakarta Pusat, Kamis (14/5/2015).

Suli, satu dari mereka mengaku tidak percaya jika tarif PSK yang dijajakan RA mencapai Rp 80 juta. Sebab, gaya hidup RA sehari-hari tergolong sederhana. Bahkan ia kerap berutang ke warung makan.

"Nggak mungkin itu, Mas. Dia aja sering ngutang kalau makan di sini. Dia juga punya banyak utang di tempat laundry, utang pulsa. Dia juga sudah 3 bulan nggak bayar iuran PU (pekerjaan umum)," ujar Suli.

Bahkan, menurut Suli, RA sempat menggadaikan kopernya Rp 200 ribu. "Mana mungkin dapat Rp 80 juta dia mau tinggal di sini? Motor aja nggak punya. Kalau segitu (Rp 80 juta) dia naik mobil bagus dong," sambung dia.

Kebiasannya utang juga dibenarkan Ardi, tetangga RA yang lain. Dia mengaku hanya sekadar mengenal RA. RA memang sudah lama tinggal di Rusun Petamburan, tapi sering berpindah-pindah tempat.

"Orang bilang sih seperti mami (germo). Utangnya itu ada di mana-mana. Makanya dia sering pindah-pindah. Kalau nggak betah di blok ini, dia cari blok lain. Pernah juga ngilang, terus balik lagi," ungkap Ardi.

Seperti warga lainnya, Ardi juga tidak yakin bisnis prostitusi yang diduga dijalankan RA omzetnya mencapai puluhan juta. "Saya rasa pengakuannya agak berbeda dengan kesehariannya."

"Jujur saya tahu persis, taruhlah Rp 80 juta dia dapat 30 persen. Tapi kenyataannya seperti ini. Dia tinggal di lantai bawah itu kan kamarnya jelek. Kalau yang atas mungkin layak," pungkas Ardi.

Bisnis prostitusi online dengan menjajakan pekerja seks (PSK) yang diduga dari kalangan artis atau model terungkap setelah polisi meringkus mucikari bernama Robby Abbas atau RA alias Obbie di lobi hotel mewah kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat 8 Mei lalu. Ikut ditangkap dalam penengkapan ini yakni artis berinisial AA yang diringkus saat melayani kliennya di kamar hotel yang sama. (Rmn/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini