Sukses

Jalur Pantura Padat saat Libur Panjang

Jarak dari GT Cikopo - Cikampek menuju kawasan Jomin yang berjarak kurang dari 3 km harus ditempuh dengan susah payah saat macet libur ini.

Liputan6.com, Subang - Hari libur Kenaikan Isa Almasih bertepatan dengan akhir pekan memicu meningkatnya volume kendaraan dari arah Jakarta menuju ruas jalur Pantura, Subang, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (14/5/2015), dari 7 pintu di Gerbang Tol (GT) Cikopo - Cikampek, 5 di antaranya dibuka untuk mengalirkan arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Pantura.

Namun, langkah itu tak juga mampu mengurai kepadatan kendaraan. Tingginya volume kendaraan dan titik kemacetan di sepanjang kawasan Cikampek mendorong polisi lalu lintas melakukan sejumlah langkah.

Para pengendara yang terjebak di kemacetan hanya bisa pasrah. Tak ada celah sedikit pun untuk para pengguna jalan yang berniat mendahului kendaraan di depannya.

Jarak dari GT Cikopo-Cikampek menuju kawasan Jomin yang berjarak kurang dari 3 km pun harus ditempuh dengan susah payah. Selepas pertigaan Jomin, arus lalu lintas tak kunjung mencair. Kendaraan pirbadi dan sejumlah angkutan umum mendominasi setiap jengkal ruas jalan.

Lonjakan arus kendaraan memasuki libur panjang dan akhir pekan menyebabkan ruas jalur Pantura dilanda kemacetan. Selain karena adanya pasar juga imbas kecelakaan truk yang terguling.

Kemacetan panjang juga terjadi di ruas jalur utama Pantura dan pintu masuk Tol Palimanan-Kanci, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Membludaknya volume kendaraan di hari libur panjang memaksa pengendara berjalan merayap dengan kecepatan maksimal 30 km per jam.

Bahkan untuk mengurai simpul kemacetan, petugas terpaksa membagi arus kendaraan dan mengarahkan sebagian memasuki pintu Tol Plumbon karena adanya perbaikan di pintu masuk Tol Palimanan. (Vra/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.