Sukses

Ketua RT: 4 Anak Ditelantarkan di Cibubur Seperti Kurang Gizi

Orangtua DA sempat melakukan perlawanan dengan tidak membuka kunci rumah

Liputan6.com, Jakarta - Tim gabungan Polda Metro Jaya dan KPAI mengamankan orangtua yang menelantarkan 5 orang anaknya di Citra Gran, Cibubur, Jawa Barat. Ketua RT setempat, Sugeng, yang ikut menyaksikan saat polisi masuk mengatakan, kondisi rumah tersebut berantakan.
 
"Rumahnya berantakan dan polisi sempat berdebat orang tuanya, tapi polisi langsung membawa ayah D," ucap Sugeng saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (14/5/2015).
 
Ia mengatakan, orangtua D sempat melakukan perlawanan dengan tidak membuka kunci rumah. Karena itu polisi pun terpaksa mendobrak pintu rumah. Setelah pintu rumah dibuka, Sugeng menyaksikan pemandangan yang miris, selain rumah yang berantakan, ia melihat kondisi 4 saudara D yang memprihatinkan.
 
"Saya lihat tadi 4 saudara perempuan D, kondisinya agak kurang terawat. Seperti tidak diperlakukan dengan baik. Kucel, kurus, kayaknya kurang asupan gizi," ucap Sugeng.
 
Polisi pun langsung menyerahkan 4 anak tersebut kepada KPAI untuk dibawa ke safe house. Sementara kedua orangtua D telah ‎dibawa ke pos polisi terdekat dan rencananya akan dibawa ke Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan lebih lanjut.
 
Sekjen KPAI Erlinda mengatakan, 5 anak yang diterlantarkan itu, termasuk D, akan dibawa ke safe house di bawah perlindungan negara. "Kita akan lindungi anak ini dulu di rumah perlindungan anak, milik negara. Kita akan trauma healing dulu," ucap Erlinda.
 
Ia mengatakan setelah mengamankan anak- anak dan kedua orangtuanya, polisi selanjutnya akan menggeledah rumah, "Rencananya kami akan menggeledah rumah itu. Takutnya ada senjata, narkoba, dalam rumah itu. Tadi, saat saya berbicara dengan bapaknya, dia bau alkohol," ucapnya. (Luq/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini