Sukses

Tertarik Batik, Ratu Denmark akan Kunjungi Yogyakarta

Kunjungan Ratu Denmark nanti akan menjadi kunjungan pertamanya di Kota Gudeng.

Liputan6.com, Yogyakarta - Ratu Denmark akan mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam beberapa bulan mendatang. Rencana kedatangan Ratu Denmark ini disampaikan Duta Besar Denmark Casper Clynge di Kompleks Kepatihan Keraton Yogyakarta.

Menurut Casper, kedatangannya ke Yogya merupakan yang pertama kalinya. Begitu juga nanti kunjungan Ratu Denmark, akan menjadi kunjungan pertamanya di Kota Gudeng. Harapannya, dapat menjalin kerjasama antara Pemerintah Denmark dan Yogyakarta, khususnya di bidang perdagangan. Ia berharap, hubungan pertama ini akan menjadi awal yang baik bagi kedua negaara.

"Masih dalam proses, tapi, sangat menarik kunjungan budaya ini bagi kami. Membawa misi tentang kebudayaan di Yogyakarata. Ibu Ratu sangat tertarik dengan batik dan tekstil Jawa," jelas Casper.

Namun Casper mengaku belum mengetahui pasti kapan Ratu Denmark akan datang ke Yogya. "Kedatangan Ratu Denmark pada beberapa bulan mendatang dan persiapan. Peningkatan perdagangan, khususnya di bidang ekonomi dan bidang industri yang ramah lingkungan dan bersih," ujar Casper.

Sultan Hamengkubuwono X yang menerima Casper, menyarankan tempat-tempat yang perlu dikunjungi sang ratu, termasuk ke keraton.

"Harus dibicarakan dengan Setneg (Sekretaris Negara) dan keputusan Presiden. Hanya yang jelas, Queen ini di Yogya cuma 1 hari, ya saya tawarkan kunjungan di keraton, Borobudur, dan Prambanan. Beliau memang tertarik dengan batik dan teksti," ujar Sultan Hamengkubuwono X. (Sun/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.