Sukses

Partai Demokrat Bahas Pemilu 2019 dalam Kongres

Pemilu 2019 menjadi agenda terbesar yang akan dihadapi Ketua Umum SBY.

Liputan6.com, Jakarta - Kongres Partai Demokrat di Surabaya, Jawa Timur, telah memutuskan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi Ketua Umum Partai Demokrat periode 2015-2020. Kini, Demokrat akan mengkonsolidasikan agenda politik yang akan mereka hadapi.

Partai Demokrat akan mempersiapkan calon presiden untuk Pemilu 2019. Sebab, SBY tak bisa maju lagi sebagai calon presiden karena sudah 2 kali duduk di kursi presiden yakni pada 2004-2009 dan 2009-2014.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono menegaskan, hal itu akan dibicarakan pada sidang komisi di Kongres ke IV Partai Demokrat.

"Saya pikir (calon alternatif pengganti SBY) akan jadi pembicaraan di Kongres Partai Demokrat. Kita akan bicarakan itu, jadi tunggu saja," ujar Ibas di lokasi kongres, Hotel Shangri-La Surabaya, Jawa Timur, Rabu (13/5/2015).

Masih kata putra bungsu SBY itu, pihaknya belum bisa memaparkan tentang persiapan dalam menghadapi Pemilu 2019. "Masih akan dibahas dalam sidang komisi, kongres ini kan belum ditutup. Karena itu, pemilu 2019 akan dimasukkan nanti dalam pembahasan sidang komisi," tutur Ibas.

Politikus senior Partai Demokrat EE Mangindaan mengatakan, Pemilu 2019 menjadi agenda terbesar yang akan dihadapi Ketua Umum SBY. Sebab, SBY sudah tidak bisa dicalonkan lagi.

Saat nama Ibas disebut akan dipersiapkan sebagai salah satu capres Partai Demokrat, dia hanya menjawab singkat. "Ibas termasuk (kader) yang potensial," tutur Mangindaan. (Mvi/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini