Sukses

Jenderal Israel: Hamas Hanya Ingin Stabilitas di Gaza

Mayor Jenderal Sami Turgeman menyatakan Israel dan Faksi Hamas di Palestina punya kepentingan yang sama dan Gaza.

Liputan6.com, Gaza - Seorang pejabat tinggi Militer Israel membuat pernyataan mengejutkan. Mayor Jenderal Sami Turgeman menyatakan Israel dan Faksi Hamas di Palestina punya kepentingan yang sama di Gaza.

Berbicara di depan sebuah desa Yahudi di Gaza Tugerman mengatakan, dia yakin tujuan utama Hamas bukan lah berperang. Tetapi, untuk menciptakan stabilitas di Gaza.

"Israel dan Hamas telah berbagi kepentingan. Terutama di saat ini di mana kondisi sudah lebih kondusif, tenang, makmur," kata Tugerman, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (13/4/2015).

Pernyataan dari Tugerman menjadi kontroversi di tanah kelahirannya. Sebab, pernyataannya sangat bertentangan dengan komentar yang kerap dilontarkan pejabat tinggi Israel. Termasuk Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu yang pernah menyebut Hamas tak ubahnya dengan kelompok teror dunia lain, seperti ISIS dan Al-Qaeda.

Mendengar pernyataan dari Tugerman, pihak Hamas pun angkat bicara. Mereka mengatakan, sejak dulu, Faksi garis keras ini hanya ingin perdamaian di Gaza.

"Keinginan Hamas untuk mempertahankan gencatan senjata (dengan Israel) karena itu sudah menjadi kepentingan bagi seluruh warga Gaza," sebut Juru Bicara Hamas Sami Abu Zuhri.

Satu tahun belakangan, hubungan Hamas dan Israel terus memanas. Puncaknya ketika Israel melancarkan serangan udara selama 50 hari ke wilayah Gaza.

Hamas menjadi 'penguasa' Gaza sejak 2007. Wilayah itu berada dalam kontrol Hamas pascaperang sipil singkat. Semenjak itu, Hamas terus berjuang untuk 'mengusir' Israel dari wilayah Gaza. (Ger/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini