Sukses

Butuh 10 Menit, SBY Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketum Demokrat

Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat EE Mangindaan mengatakan sebelum terpilih secara aklamasi, SBY meminta 2 catatan.

Liputan6.com, Surabaya - Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY kembali terpilih menjadi Ketua Umum Partai Demokrat periode 2015-2020 secara aklamasi. Dalam proses pemilihan, calon tunggal ketua umum itu hanya membutuhkan 10 menit untuk memikirkan dirinya kembali maju sebagai ketua umum partai berlambang mercy itu.

"Dalam pandangan umum disampaikan, semuanya mencalonkan kembali SBY untuk jadi Ketua Umum Partai Demokrat periode 2015-2020. Setelah itu, saya skor sidang selama 10 menit dan tanya dulu ke beliau soal pandangan umum tersebut," ujar ketua sidang paripurna pemilihan EE Mangindaan, Surabaya, Selasa (12/5/2015) malam.

Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat itu mengatakan, sebelum memutuskan hal tersebut, SBY meminta 2 catatan. "Ada 2 catatan, beliau ingin mantapkah semuanya mencalonkan dan musyawarah mufakat. Kedua, sanggupkah kebersamaan kita pelihara terus," jelas Mangindaan.

Mangindaan pun memastikan permintaan mantan Presiden ke-6 RI (2004-2014) itu kepada para peserta kongres. Setelah semuanya menyatakan kesanggupannya, dia pun mengetok palu tanda mantan presiden itu terpilih lagi.

"Setelah kita pastikan, kami ketok palu sebagai tanda ketua umum terpilih adalah SBY, dan langsung kami bacakan SK pembentukannya," jelas Mangindaan.

Kongres IV Partai Demokrat dilaksanakan di Surabaya, Jawa Timur pada 11-13 Mei 2015. Kongres digelar untuk memilih ketua umum yang baru. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini