Sukses

Gempa Kembali Guncang Nepal, Getaran Terasa Hingga India

Gempa tersebut berkekuatan 7,4 Skala Ritcher (SR)

Liputan6.com, Kathmandu - Nepal kembali diguncang gempa besar hari ini. Gempa ini terjadi dua pekan pascabencana serupa mengguncang Lembah Kathmandu.

Dikutip dari BBC, Selasa (12/5/2015), gempa ini terjadi di Barat Nepal. Tepatnya, di kota Namche Bazar.

Menurut lembaga geologi Amerika Serikat (AS), lindu berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR). Akibat besarnya kekuatan gempa, guncangannya bisa dirasakan sampai Ibukota India, New Delhi dan Ibukota Bangladesh, Dhaka.

Sampai saat belum diketahui seberapa parah kerusakan yang diakibatkan gempa lanjutan tersebut. Korban jiwa dan luka pun masih belum bisa dipastikan.

Sebelumnya, pada Sabtu pagi, 25 April 2015 pukul 11.58 waktu setempat, Nepal diguncang hebat. Oleh gempa berkekuatan 7,9 skala Richter. Akibatnya luar biasa. Sekitar 7.000 orang tewas.

Namun, para ahli memperingatkan, "Bahaya belum berlalu,” kata Kristin Morell dari University of Victoria, Kanada. "Himalaya adalah sabuk pegunungan yang sangat panjang dan ketegangan (strain) masih terus terbangun di kawasan lain, dari Pakistan hingga timur Tibet." (Ger/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini