Sukses

Ahok Kembali Ancam Kopaja AC Masuk Busway

"Nanti yang belagu gini kita stop aja sudah," tegas Ahok

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Ahok kembali mengancam akan segera melarang bus kopaja yang masuk busway. Alasannya, bus itu kerap kali ugal-ugalan saat melintas di jalur TransJakarta.

"Makanya kita bilang Kopaja AC mesti cabut, sekarang masih belagu," kata Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (12/5/2015).

Pria bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama ini menambahkan, rencana pelarangan bus kopaja masuk jalur TransJakarta akan segera dilakukan setelah ada penambahan armada bus TransJakarta pada bulan Juni mendatang.

"Makanya kalu kita sudah ada bus lengkap, Juni udah datang semua baru. Terus saya sudah bilang hino produksi 2.000 aja, saya beli. Nanti yang belagu gini kita stop aja sudah," tegas Ahok.

Ancaman serupa juga sebelumnya dilontarkan oleh Ahok pada Jumat 8 Mei 2015. Dia menegaskan akan mencabut izn trayek jika para sopir Kopaja tak segera mengubah tabiatnya.

"Tunggu bus cukup, kita akan cabut izin trayeknya. Ya, kita bertahap singkirkan mereka," jelas Ahok di Balaikota, Jakarta, Jumat 8 Mei 2015.

Ahok menambahkan, dia benar-benar ingin bus Kopaja bergabung dengan PT Transjakarta. Setelah bergabung, nantinya tidak ada lagi bus ukuran 3/4 seperti saat ini. Bus Kopaja akan berukuran single seperti bus Transjakarta.

"Ke depan semua Kopaja ganti ukuran single. Jadi nggak ada lagi (bus ukuran) Kopaja di Jakarta," tambah Ahok.

Sistem pembayarannya juga akan diganti menjadi e-money mengikuti yang sudah berlaku di Transjakarta. Dengan demikian, tidak perlu membuat kartu baru, karena sudah terintegrasi bank yang bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta. (Ali)

"Bus kalau dia lagi beli ke depan dia nggak boleh beli kaya gitu (bus kecil) lagi, tapi yang langsung besar, yang kita bayar rupiah per kilometer," papar Ahok. (Ali/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.