Sukses

Megawati Utus Eriko Sotarduga dan Kusnadi Hadiri Kongres Demokrat

Ketidakhadiran Megawati dalam Kongres Demokrat tidak terkait hubungan dengan SBY yang renggang.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berhalangan hadir dalam acara Kongres IV Partai Demokrat di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (12/5/2015). Namun, Megawati menugaskan 2 kadernya untuk menghadiri pembukaan kongres partai berlambang mer‎cy tersebut.

"Jadi yang diutus oleh Ibu Megawati menghadiri kongres Demokrat adalah Waskjen Bapak‎ Eriko Sotarduga dan Pak Kusnadi Ketua DPD PDIP Jawa Timur," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/5/2015).

Meskipun Megawati berhalangan hadir, Hasto menjelaskan, penunjukkan Eriko dan Kusnadi untuk hadir dalam Kongres Demokrat adalah bentuk respons positif yang dilakukan kedua belah pihak. Sebelumnya, beberapa petinggi Demokrat memberikan undangan kongres secara langsung kepada Megawati.

"Pak Eriko dan Pak Kusnadi itu diberikan surat dan ditandatangangi‎ langsung oleh Ibu Megawati sebagai Ketua Umum PDIP. Jadi penugasan ini tidak main-main dan penunjukkan langsung dari Ibu Mega. Ini sebuah respons sikap politik yang baik, yang sebelumnya Pak Syarief Hasan, Pak Edhie Baskoro dan Pak Agus Hermanto datang mengundang langsung Ibu Mega," jelas Hasto.

Selain itu, lanjut Hasto, ketidakhadiran Megawati dalam Kongres Demokrat tidak terkait hubungan dengan SBY yang renggang. Menurut Hasto, usai PDIP menggelar kongres April kemarin, Megawati memiliki agenda yang tak bisa ditinggalkan.

"Tidak ada itu kaitannya (hubungan Mega-SBY). Ibu Ketum memiliki agenda yang padat sekali setelah kongres, dan itu harus dijalankan. Makanya Ibu Mega mengirimkan utusannya dari PDIP untuk menghadiri Kongres Demokrat ini, dan kehadiran PDIP di Kongres Partai Demokrat ini yang pertama," tandas Hasto. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini