Sukses

Jokowi Terkesan Lihat Kemajuan Papua Nugini

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana dijamu makan malam oleh Perdana Menteri Papua Nugini Peter O’Neill di Gedung Parlemen.

Liputan6.com, Port Moresby - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kenegaraan ke Papua Nugini Senin 11 Mei 2015. Kunjungan ke negara yang bertetangga dengan Papua tersebut, berlangsung hingga Selasa (12/5/2015).

Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana bertemu Perdana Menteri Papua Nugini Peter O’Neill di Gedung Parlemen, Port Moresby. Presiden dijamu makan malam oleh O'Neill.

Kunjungan Presiden yang akrab disapa Jokowi ke Papua Nugini (PNG) untuk meningkatkan kerjasama bilateral kedua negara. Presiden Jokowi terkesan atas keberhasilan PNG meningkatkan pertumbuhan ekonominya.

"Ini merupakan prestasi yang sangat mengesankan," kata Presiden Jokowi saat jamuan makan malam.

Menurut Presiden Jokowi, semua yang dicapai PNG tidak terlepas dari kepemimpinan Peter O’Neill dalam memajukan negaranya.  "Saya juga terkesan dengan pertumbuhan ekonomi PNG yang sangat tinggi sekali," lanjut Presiden Jokowi.

Hubungan persahabatan Indonesia-PNG telah memasuki usia 40 tahun, Presiden optimistis hubungan diplomatik yang terjalin selama ini dapat memberikan arti penting bagi pembangunan kesejahteraan rakyat di kedua negara.

"Kunjungan saya kali ini akan kembali meneguhkan komitmen tersebut. Saya optimis ke depan hubungan bilateral Indonesia-PNG akan terus meningkat," tandas Jokowi.

Dikutip dari situs setkab.go.id, Selasa (12/5/2015), Presiden Jokowi juga mengatakan, PNG merupakan tetangga penting, di mana kedua negara tidak hanya telah hidup bersama berdampingan, tapi juga saling berbagi pulau dan juga berbagi harapan. Kesamaan budaya, tradisi, dan nilai-nilai telah menjadikan Indonesia-PNG saling bersahabat.

"Sebagai saudara sudah tentu PNG akan membantu Indonesia membangun persahabatan dengan negara-negara Melanesia di kawasan," ujar Presiden Jokowi.

Perdana Menteri PNG Peter O’Neill dalam sambutannya mengatakan, setelah pertemuan bilateral, para perwakilan kementerian kedua negara akan menandatangani nota kesepakatan (MOU) mengenai kerja sama pengembangan sumber daya migas, dan pencegahan serta memerangi kejahatan antara negara.

"MOU ini mencerminkan makin luas, relevan, dan modern jalinan bilateral antara kedua negara," ucap PM Peter O’Neil.

Selana Ibu Negara Iriana, terlihat dalam rombongan Presiden Jokowi yakni Menteri Menko Polhukam Tedjo Edy Purdjianto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri ESDM Sudirman Said, dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Marciano Norman.

Presiden Joko Widodo dan rombongan mendarat di Bandara Internasional Jacksons Papua Nugini Pukul 13.00 waktu setempat, Senin kemarin. (Sun/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini