Sukses

Dapat Hadiah 5 Truk, Ahok Pastikan Jakarta Utara Bersih

Pemprov DKI Jakarta menerima 5 truk sampah dari PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta menerima 5 truk sampah dari PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II. Truk-truk ini nantinya akan dimanfaatkan untuk mengatasi masalah sampah di Jakarta Utara. Seperti disampaikan Gubernur Ahok.

"Ini khusus untuk utara, khusus buat kota. Kita kan sudah mulai pendelegasian ke lurah, camat, kota. Jadi kalau sebuah wilayah kotor, maka yang disalahkan pertama itu pasti si lurahnya," kata pemilik nama Basuki Tjahaja Purnama itu di Balaikota, Jakarta, Senin (11/5/2015).

Ahok mengatakan, fungsi para satuan kerja perangkat daerah (SKPD) nantinya akan seperti konsultan kontraktor. Mereka yang menentukan daerah mana di wilayah mereka yang akan dibereskan terlebih dahulu.

"Nah supervisinya siapa? Camat. Supervisinya lagi siapa? Walikota. Dia juga punya pasukan, 40-70 orang. Nah kayak-kayak hadiah-hadiah gini, dikasih CSR gini, kita langsung kasih di wilayah. Jadi kita betul-betul ingin di Jakarta ini tidak ada sampah," imbuh mantan Bupati Belitung Timur itu.

Ahok tidak mau lagi ada yang protes soal lambannya peremajaan truk. Bagi dia waktu 3 tahun terlalu lama untuk peremajaan truk sampah. Dia lebih memilih langsung beli 1.000 truk sekaligus.

"Nah tahun ini baru mau beli 380 truk, tahun depan beli lagi 300-an, kan lucu. Akhirnya apa, ada peluang sewa dari swasta lagi. Sewa dari swasta, ini bisa main juga, kadang dijemput, kadang enggak dijemput. Jemput punya siapa pun nggak jelas, nggak ada GPS," cetus dia.

"Jemput di rumah duka, banyak bunga, dihitung di kita juga. Jemput di restoran hitung di kita juga. Kan masalah kalau begitu," pungkas Ahok. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini