Sukses

Ruhut Sitompul: Demokrat Siap Masuk Kabinet Jika Direstui SBY

Menurut Ruhut, SBY meminta kadernya mendukung pemerintah saat ini dan tidak melakukan gerakan yang berniat menjatuhkan di tengah jalan.

Liputan6.com, Surabaya - Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat mengaku siap masuk dalam kabinet jika mendapat restu dari Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) seiring mencuatnya isu perombakan kabinet oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Kader itu anak buah SBY, jadi taat apa yang ditugaskan ketua umum. Kalau ketua umum oke maka sebagai kader siap ditempatkan di mana saja," ujar Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (10/5/2015).

Menurut dia, perombakan kabinet merupakan hak prerogatif Jokowi, sehingga partainya tidak akan mencampuri urusan pemerintah pusat, khususnya terkait isu perombakan kabinet.

"Joko Widodo sebagai Presiden yang tahu dan kami tidak mengomentarinya. Kalau memang memerlukan kader Demokrat, silakan berkomunikasi dengan ketua umum," kata Ruhut.

Politisi asal Sumatera Utara tersebut mengaku pernah ditawari untuk masuk Kabinet Kerja karena perannya sebagai tim sukses Joko Widodo dan Jusuf Kalla pada Pemilihan Presiden 2014.

"Tapi saya ini anak buahnya SBY dan tidak akan mengkhianatinya. Saya diminta membenahi partai terlebih dahulu dan siap menjalankan perintah ketua umum," tegas Ruhut.

Dia juga menegaskan bahwa SBY meminta kadernya untuk mendukung pemerintahan saat ini dan tidak melakukan gerakan yang berniat menjatuhkan di tengah jalan.

"Partai Demokrat sebagai penyeimbang di pemerintahan. Setiap kebijakan yang pro-rakyat pasti didukung, tapi jika ada yang keliru maka kewajiban kami memberi solusi," pungkas dia. (Ant/Ado/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.