Sukses

Gunung Karangetang Kembali Embuskan Awan Panas

Gunung Api Karangetang tadi pagi kembali mengeluarkan awan panas hingga ketinggian 2 ribu meter.

Liputan6.com, Sulawesi Utara - Gunung Karangetang di Kepulauan Siau, Sulawesi Utara terus mengeluarkan awan panas. Namun warga di pengungsian sudah terbiasa melihat aktivitas gunung api tersebut.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang, Sabtu (9/5/2015), Gunung Api Karangetang tadi pagi kembali mengeluarkan awan panas hingga ketinggian 2 ribu meter. Awan panas mengarah ke utara dan terlihat dari lokasi pengungsi Taroranen.

Berdasarkan data di pos pemantau Gunung Api Karangetang, telah terjadi 85 kegempaan dan statusnya Waspada level III.

Semakin tingginya aktifitas Gunung Karangetang membuat pemerintah dan DPRD kabupaten Sitaro sepakat merelokasikan warga di sekitar jalan lahar gunung api tersebut. Di antaranya desa Bebali dan Batu Awang.

Sebelumnya, telah terjadi peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Api Karangetang di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara dan telah menyebabkan 465 orang mengungsi.

Pada Kamis 7 Mei 2015 pukul 14.00 Wita terjadi erupsi disertai guguran lava pijar yang menimbulkan awan panas dan debu vulkanik tebal. Awan panas Gunung Karangetang meluncur ke sisi timur sejauh 4 km. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.