Sukses

Sentra Pembuatan Suku Cadang Kapal di Tegal Butuh Uluran Tangan

Tegal tak hanya dikenal dengan warung tegalnya saja. Tegal juga dikenal sebagai salah satu sentra pembuatan suku cadang kapal.

Liputan6.com, Tegal - Tegal tak hanya dikenal dengan warung tegalnya saja. Tegal juga dikenal sebagai salah satu sentra pembuatan suku cadang kapal.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (9/5/2015), salah satu usaha pembuatan perlengkapan kapal laut terdapat di Desa Kebasen, Tegal, Jawa Tengah.

Imron Rosadi sudah 15 tahun menekuni pembuatan perlengkapan kapal. Mulai dari pembuatan pintu kabin, jendela, kemudi lampu kapal hingga baut kupu-kupu yang dibuat dari coran besi.

Meski diproduksi industri kecil rumahan, namun kualitasnya tidak kalah dengan produksi pabrikan skala besar. Hasil produksinya pun sudah dipasarkan ke sejumlah daerah.

"Untuk pemasaran kita masih di Indonesia. Dari Jakarta, Surabaya, Semarang, Balikpapan, Samarinda," ujar Imron Rosadi, perajin perlengkapan kapal.

Namun kini usahanya tengah mengalami kesulitan karena lesunya permintaan dari para pembuat kapal. "Industri kapal agak sedikit lesu. Di Samarinda dan Balikpapan orang yang buat kapal itu berkurang," kata Imron.

Para perajin komponen kapal berharap pemerintah memberikan bantuan pemasaran hasil produksi mereka dan peningkatan kualitas produk agar bisa menembus pasar luar negeri. Dalam 1 bulan, 1 usaha pembuatan komponen kapal bisa memproduksi 30 hingga 50 unit pintu kapal dan 100 hingga 150 unit jendela kapal. (Mar/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.