Sukses

Penemuan Jenglot di Makam Islam Gemparkan Warga Prapen Surabaya

Bau anyir sempat tercium saat tubuh jenglot dan rambut putihnya serta kukunya yang sama panjang, sepanjang 15 centimeter itu ditemukan.

Liputan6.com, Surabaya - Warga Prapen Surabaya, Jawa Timur, digemparkan dengan penemuan sosok [jenglot](Penemuan Jenglot di Makam Islam Gemparkan Warga Prapen Surabaya "") di Kompleks Pemakaman Islam. Makluk tersebut ditemukan oleh Sugiono warga Jalan Kyai Toha Surabaya saat menghadiri pemakaman tetangganya.

Pria yang kesehariannya bekerja sebagai sopir angkot ini mengaku serasa ada yang menuntun dirinya menuju ke sebelah utara makam yang letaknya bersebelahan dengan Masjid Al-Istiqomah.

"Sepulang kerja, seperti ada yang menyuruh untuk ke makam. Saya kemudian duduk-duduk di sebelah utara," kata dia di Surabaya, Jumat (8/5/2015)

Sugiono mengungkapkan lokasi penemuan jenglot tersebut. Yaitu tepat di samping makam Mbah Zakariah, yang konon dikeramatkan. Dirinya sempat mencium bau anyir saat melihat tubuh jenglot dan rambut putihnya serta kukunya yang sama panjang, sepanjang 15 centimeter.

"Kemudian saya angkat, saya bawa menuju TPA Al-Istiqomah. Saya serahkan (jenglot itu ke) pengurus takmir masjid," tandas Sugiono.

Tokoh masyarakat di lokasi penemuan jenglot, Ketua RW 06/ RT 03 Suseno mengatakan jenglot tersebut ditemukan sekitar pukul 09.00 WIB. Namun begitu dia belum dapat memastikan keaslian mahkluk tersebut.

"Memang benar ditemukan jenglot. Tapi kami ndak tahu, itu asli atau tidak," pungkas Suseno.

Jenglot tersebut pun kini menjadi perhatian warga. Mereka terus berdatangan untuk menghilangkan penasarannya melihat makhluk yang telah dimasukkan dalam kaca tersebut. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.